Tolak Kenaikan BBM, Aliansi Cipayung Kota Kupang Lakukan Aksi Unjuk Rasa

Tolak Kenaikan BBM, Aliansi Cipayung Kota Kupang Lakukan Aksi Unjuk Rasa
Tolak Kenaikan BBM, Aliansi Cipayung Kota Kupang Lakukan Aksi Unjuk Rasa

Tribratanewskupangkota.com - Personel Polresta Kupang Kota melaksanakan pengamanan unjuk rasa yang dilakukan oleh Aliansi Cipayung Kota Kupang di Kantor DPRD Provinsi NTT. Aksi unjuk rasa ini terkait dengan penolakan kenaikan harga BBM subsidi oleh Pemerintah Pusat. (Senin, 12 September 2022) 

Aliansi Cipayung Kota Kupang merupakan gabungan beberapa elemen mahasiswa, yaitu antara lain PMII, GMNI,CHMI,GMKI, PMKRI dan STFX Kupang. Jumlah massa yang hadir sekitar 70 orang. 

Pukul 09.30 Wita, massa aksi berkumpul di lokasi yang dijadikan sebagai titik kumpul yakni Depan RS Umum Undana, Jln. Jend. Soeharto, Kel. Naikoten I, Kec. Kota Raja, Kota Kupang dengan membawa serta perlengkapan aksi. Massa aksi kemudian bergerak meninggalkan lokasi titik kumpul menuju ke Kantor DPRD Provinsi NTT yang dikawal oleh Personel Patwal Satuan Lalu Lintas Polresta Kupang Kota. 

Pukul 12.05 Wita massa aksi tiba di depan kantor DPRD Provinsi NTT dan mulai menyampaikan orasi secara bergantian. Aksi unjuk rasa oleh Aliansi Cipayung Kota Kupang ini mendapatkan pengamanan dari Personel Polresta Kupang Kota. 

Situasi unjuk rasa sempat memanas karena adanya aksi dorong oleh para pendemo yang menuntut agar bisa masuk ke dalam gedung DPRD Provinsi NTT untuk bertemu dengan anggota DPRD, serta adanya aksi pembakaran sejumlah poster tuntutan. Namun, aksi tersebut dapat diredam dengan melakukan negosiasi dan himbauan persuasif oleh Aparat Polresta Kupang Kota. 

Pukul 14.00 Wita, aksi unjuk rasa oleh Aliansi Cipayung berakhir dalam keadaan yang kondusif. Selama kegiatan aksi unjuk rasa ini, situasi berlangsung aman dan lancar serta dilakukan pengamanan terbuka dan tertutup oleh personel Polresta Kupang Kota, Polsek Oebobo, Polsek Maulafa , Polsek Alak dan Polsek Kelapa Lima yang pimpin langsung oleh Kabag Ops Polresta Kupang Kota dan didampingi oleh Kapolsek Oebobo, Kasat Samapta dan Kasat Intelkam Polresta Kupang Kota.