Patroli Samapta Polresta, Sambangi Pasar Tradisional di Kota Kupang

Patroli Samapta Polresta, Sambangi Pasar Tradisional di Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com - Personel Satuan Samapta Polresta Kupang Kota rutin melaksanakan patroli dan monitoring, terkait Kamtibmas di Kota Kupang, dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan, pelaksanaan patroli oleh Satuan Samapta, untuk menjamin keamanan wilayah Kota Kupang dari setiap ancaman yang dapat mengganggu Kamtibmas.

 

"Sat Samapta aktif mealakukan patroli dan monitoring, ke setiap tempat-tempat keramaian masyarakat atau publik, guna menjamin kamtibmas yang kondusif di tengah-tengah masyarakat," ungkap Kapolresta Aldinan, Selasa (25/6/2024).

 

Hal ini, tambah mantan Wakapolresta Kupang Kota ini, merupakan bagian dari tugas pokok Polri, yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, serta memelihara kamtibmas, dan juga penegakan hukum.

 

Pada tempat terpisah, Kasat Samapta Polresta Kupang Kota Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M yang ditemui di ruangan kerjanya menerangkan, patroli rutin Satuan Samapta yang dipimpinnya dilakukan dengan waktu yang telah ditentukan.

 

"Salah satu tugas pokok kami, yakni melakukan patroli ke tengah-tengah masyarakat, pusat-pusat keramaian, dan juga pusat perekonomian," beber mantan Kabag SDM Polresta Kupang Kota ini.

 

Lebih lanjut dikatakan, dengan kehadiran polisi di lapangan dapat mencegah atau meminimalisir pelanggaraan maupun kejahatan yang bisa terjadi.

 

"Dengan kehadiran polisi di masyarakat, di jalan, kompleks pertokoan, pasar tradisional hingga permukiman penduduk, dapat mencegah pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Selain itu, pelanggaran yang sering terjadi di jalan, seperti tidak gunakan helm, melawan arus, berboncengan lebih dari 1 orang, juga dapat diminimalisir," sebut mantan Kasat Lantas Polres Lembata ini juga.

 

Sambung dia, komitmen Kapolresta Kupang Kota dan jajaran untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, termasuk ke lingkungan pasar yang menjadi pusat kegiatan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

 

"Dalam pelaksanaan tugasnya, anggota Samapta tidak hanya fokus pada aspek keamanan, tetapi juga menjalin komunikasi yang humanis dengan para pedagang dan pembeli. Hal ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara polisi dan masyarakat, serta membangun sinergi dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman," jelas Kompol Adi Ngulu yang biasa disapa.

 

Kasat Samapta berharap, masyarakat bisa berpartisipasi aktif dengan membantu menjaga keamanan, sehingga Kota Kupang selalu kondusif, roda perekonomian berjalan baik, dan pertumbuhan ekonomi terus meningkat yang dapat menjadikan masyarakat lebih sejahtera, tutup dia. (AN)