Operasi Bina Kusuma Turangga 2023, Personel Datangi Pangkalan Ojek Dan Area Publik Di Kota Kupang

Operasi Bina Kusuma Turangga 2023, Personel  Datangi Pangkalan Ojek Dan Area Publik Di Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com-Sat Binmas Polresta Kupang kota Melaksanakan Operasi Bina Kusuma Turangga 2023 pada hari Rabu tanggal 24 Mei 2023 Sekitar pukul 10.00 wita bertempat di Wilayah hukum Polresta Kupang dalam rangka Mencegah, Meminimalisir dan Menanggulangi terjadinya kenakalan remaja dan kejahatan premanisme di wilayah kota Kupang.

 

Giat Operasi Bina Kusuma Turangga 2023 ini di pimpin oleh Kasat Binmas selaku AKP Very sebagai Kasubsatgas Binluh berdasarkan Surat Perintah Kapolresta Kupang Kota Nomor : Sprinlakops/ 439/ V / OPS 1.3./ 2023 tanggal 20 Mei tahun 2023.

 

Target operasi Bina Kusuma meliputi Orang, Barang, tempat Atau lokasi serta giat yang di fokuskan pada kenakalan remaja dan aksi premanisme serta menggunakan spanduk himbauan sebagai media yang digunakan dalam mensosialisasikan himbauan operasi.

 

Personel Melaksanakan kegiatan ini di beberapa tempat yang merupakan Area Publik seperti di Halte SMP Negeri 5 Kupang Jalan Frans Seda Kel. Kelapa Lima Kec. Kelapa Lima Kota Kupang, Pangkalan Ojek Bundaran PU Jalan Frans Seda Kel. Oesapa Barat Kec. Kelapa Lima Kota Kupang, Lokasi Pedagang Buah-Buahan di Jalan Frans Seda RT 09 RW 03 Kel. Liliba Kec. Oebobo Kota Kupang, Kantor Yayasan Tunas Bangsa Jalan Bumi Kel. Oesapa Selatan Kec. Kelapa Lima Kota Kupang dan Pangkalan Ojek Jalan Bumi Rt 01 Rw O1 Kel. Oesapa Selatan Kec. Kelapa Lima Kota Kupang.

 

Pelaksanaan kegiatan ini Personel satgas binluh menghimbau kepada para Pelajar dan Komunitas Ojek Pangkalan agar tidak melakukan perkelahian ( tawuran) ,kebut kebutan dengan sepeda motor, perjudian, mengkonsumsi minuman keras (miras) di jalanan maupun di tempat umum lainnya.

Kemudian Personel juga Mengajak peran aktif warga masyarakat untuk melaporkan jika menemukan kegiatan atau perbuatan premanisme ataupun kenakalan remaja kepada pihak kepolisian dengan cara menghubungi Call Center 110.

 

Diharapkan melalui kegiatan operasi ini dapat memberikan rasa aman dan juga nyaman terhadap masyarakat utamanya di wilayah hukum Polresta Kupang Kota” ungkap Kasat Binmas AKP Verry pada humas Polresta.

 

Selain itu, lanjut Kasat ada hal lain dari kegiatan operasi dialogis ini. Salah satunya agar kehadiran Polri di lapangan dengan menyisir area publik dan pemukiman dapat mengurangi dan meminimalisir kriminalitas.

 

“Dengan dilaksanakan juga patroli jalan kaki, para personel juga sambil memberikan himbauan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) pada warga, Semoga ini upaya untuk meningkatkan deteksi potensi sosial di tengah masyarakat. Kami tentu terus memantau kamtibmas di sekitar area publik wilayah Kota Kupang,” Tutup Kasat.