Hadiri Acara Peluncuran Kirab Pemilu 2024, Kapolresta Kupang Kota: Kami Siap Amankan Tahapan Pemilu.

Hadiri Acara Peluncuran Kirab Pemilu 2024, Kapolresta Kupang Kota: Kami Siap Amankan Tahapan Pemilu.

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H pada hari Selasa petang (14-2-2023), mengikuti Acara Peluncuran Kirab Pemilu 2024 dan Penerima Bendera Kirab Partai Politik Peserta Pemilu 2024, dengan tema Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. Acara tersebut dilaksanakan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang Kelurahan Kelapa Lima.

Acara tersebut dibuka oleh Ketua KPU Kota Kupang Decky Ballo, dan dihadiri oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Betty Epsilon Idroos, Penjabat Wali Kota Kupang George M. Hadjoh, S.H, Ketua DPRD Kota Kupang Yeskial Loudoe, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Agus Dedy, S.E., S.H., M.H, Kapolsek Kelapa Lima AKP Jemy Oktovianus Noke, S.H, Ketua Bawaslu Kota Kupang Julianius Nomleni, S.H dan Anggota Bawaslu Kota Kupang Junior Nange S.IP dan Susiani Kanaha S.H, Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang, Ketua dan Sekretaris Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kota Kupang, Camat Se-Kota Kupang, Ketua dan Anggota PPK Kota Kupang, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Kupang, Ketua GMNI Cabang Kupang, Ketua GMKI Cabang Kupang, Ketua PMKRI Cabang Kupang, Ketua HMI Cabang Kota Kupang.

"Hari ini KPU menyelenggarakan acara kirab pemilu yang sesuai dengan peruntukannya yakni memberikan informasi kepada masyarakat dan meningkatkan partisipasi pemilu 2024", ucap Ketua KPU Kota Kupang Decky Ballo.

Lanjutnya, pemilu akan dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024 dengan peserta 18 partai dan 6 partai lokal. Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda yang sudah hadir dalam pelaksanaan kegiatan kirab pemilu Tahun 2024. Dengan kirab ini mungkin bisa membantu memberikan informasi kepada masyarakat terkait pemilu karena sampai dengan saat ini masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui terkait tahapan pelaksanaan pemilu.

Penjabat Wali Kota Kupang George M. Hadjoh, S.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam politik kita semua berkompetisi namun kita tetap bersaudara, oleh karena itu mari kita jaga marwah pemilu sehingga bisa berjalan aman dan lancar.

"Sebagai penjabat Wali Kota, kami akan bersama semua forkopimda untuk selalu bekerja sama mengawal segala proses dan tahapan pemilu yang ada sehingga dapat berjalan aman dan lancar," katanya.

Sambutan dari Ibu Betty Epsilon Idroos, yang terpilih sebagai Komisioner KPU RI, bahwa kirab pemilu ini dilaksanakan di 7 Provinsi sesuai dengan keputusan KPU RI.

Sambungnya, kirab pemilu ini memiliki tujuan yang sangat penting untuk menyebarluaskan segala informasi terkait pemilu. KPU tidak dapat bekerja sendiri karena butuh partisipasi dan kerja sama dari semua pihak terkait untuk kelancaran semua tahapan pemilu. Kampanye akan dimulai setelah masa pencalonan selesai dengan waktu kampanye selama 60 hari.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bendera kirab pemilu tahun 2024 dan penandatanganan berita acara serah terima bendera partai politik peserta pemilu 2024.

Kapolresta Kupang Kota yang diwawancarai Tribrata News Kupang Kota setelah pelaksanaan acara menyampaikan bahwa pihak kepolisian dalam hal ini Polresta Kupang Kota siap mengamankan agenda demokrasi 5 tahunan (Pemilu) di Kota Kupang, agar dapat berjalan dengan aman dan masyarakat yang berhak memilih bisa memberikan suara dengan tertib dan lancar.

Untuk diketahui bahwa kegiatan tersebut diatas, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2022 tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan menindaklanjuti Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023 tentang Kirab Pemilu Tahun 2024.