Patroli Rutin Samapta Polresta Kupang Kota, Ciptakan Kamtibmas yang Kondusif

Patroli Rutin Samapta Polresta Kupang Kota, Ciptakan Kamtibmas yang Kondusif

Tribratanewskupangkota.com - Dalam upaya menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di Kota Kupang, personel Satuan Samapta (Satsamapta) Polresta Kupang Kota, melaksanakan Patroli Lampu Biru atau Blue Patrol rutin di pusat-pusat keramaian atau kegiatan masyarakat, pada Kamis (20/6/2024).

 

Patroli yang dilakukan, pada lokasi pusat perbelanjaan atau kompleks pertokoan, pasar tradisional, permukiman penduduk, objek vital nasional dan lokasi-lokasi lain yang menjadi pusat aktifitas keramaian dari masyarakat.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dalam keterangannya mengatakan, patroli merupakan tugas rutin yang dilakukan secara berkala oleh personel Satsamapta, guna menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

 

“Patroli rutin yang berkala dilaksanakan, dengan waktu pelaksanaan secara random, dalam rangka tindakan preventif dan memberikan perlindungan kepada masyarakat yang beraktifitas di pusat-pusat keramaian, hingga sampai ke permukiman penduduk,” jelas Kapolresta.

 

Selain melakukan patroli, personel juga berdialog dengan masyarakat, untuk mengetahui situasi kamtibmas di tengah-tengah masyarakat, agar warga merasakan kehadiran polisi pada setiap waktu.

 

Kepala Satuan (Kasat) Samapta Polresta Kupang Kota Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M yang dihubungi media ini menerangkan, pelaksanaan patroli bertujuan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

 

“Patroli yang dilakukan untuk berikan rasa aman kepada warga yang sedang beraktifitas, serta mencegah terjadinya tindak kejahatan atau pelanggaran di Kota Kupang, khususnya pada tempat-tempat yang menjadi sasaran patroli presisi ini,” kata Kasat Samapta, yang juga mantan Kabag SDM Polresta Kupang Kota ini.

 

Patroli juga dilakukan secara dialogis, dimana anggota berkomunikasi dengan masyarakat, sehingga bisa mendengar langsung keluhan dan saran demi terciptanya kamtibmas yang kondusif.

“Dalam kegiatan patroli tersebut, anggota juga berdialog dengan petugas keamanan atau security, para pedagang, pembeli, dan warga yang berada di lokasi. Dengan tujuan, untuk mendengar langsung aspirasi, keluhan, serta masukan dari masyarakat terkait situasi keamanan di sekitar mereka. Selain itu, anggota juga berikan himbauan-himbauan kamtibmas, serta edukasi mengenai pentingnya menjaga kamtibmas, dan segera melaporkan adanya potensi kejahatan atau pelanggaran yang dapat terjadi kapan dan dimana saja,” ungkap Kompol Adi Ngulu sapaan akrabnya.

 

Patroli lampu biru yang dilakukan secara rutin oleh personel Polresta Kupang Kota hingga Polsek jajaran, sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta menjaga kamtibmas di wilayah Kota Kupang, yang merupakan ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini. (AN)