Tanggap Bencana, Sejumlah Wilayah di Kota Kupang Banjir Personel polres Kupang Kota Sigap Bantu Bersihkan Sampah Dan Mengatur Arus Lalin

Tanggap Bencana, Sejumlah Wilayah di Kota Kupang Banjir Personel polres Kupang Kota Sigap Bantu Bersihkan Sampah Dan Mengatur Arus Lalin


Tribratanewskupangkotamcom- Sejumlah wilayah di Kota Kupang diguyur hujan sepanjang hari hingga Beberapa lokasi digenangi air, Puluhan kepala keluarga juga terpaksa diungsikan karena terdampak banjir.

Selain itu banjir juga terjadi di Jalan Trikora, Kelurahan Mantasi, Kecamatan Alak Kota Kupang depan SD Persitim Kelurahan Airmata.
Di lokasi ini air akibat banjir meluapnya di bentaran sungai. Namun tidak ada korban jiwa.

Di Kecamatan Oebobo Kota Kupang, banjir terjadi di Jalan Nangka depan Rumah sakit Bhayangkara Titus Uly di Kelurahan Oetete serta di Jalan  WJ. Lalamentik depan kantor Bank  NTT Cabang utama Kupang.


 
Air meluap di bentaran kali hingga menutup jembatan yang dilalui oleh masyarakat umum.
Air  juga tergenang menutup Jalan yang dilalui oleh masyarakat dengan debit air setinggi lutut orang dewasa.
Sekitar 19 kepala keluarga terdiri dari 53 Jiwa (23 dewasa dan 30 anak-anak) di RT 23/RW 07, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo dievakuasi dan ditampung pada Gereja Menara Kesaksian Kelurahan Fatululi.

Luapan air ini karena tidak adanya frainase sehingga air meluap menggenangi jalan serta membuat bahu jalan berlubang.
 Di sejumlah titik ini, genangan air menutup jalan yang dilalui oleh masyarakat dengan debit air setinggi 60 centimeterm
Di lokasi berdampak banjir ini, tidak ada drainase sehingga air meluap menggenangi jalan serta membuat bahu jalan berlubang. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Banjir/luapan air terjadi karena itensitas curah hujan yang tinggi yang sudah terjadi dimulai dari Selasa 22 Februari hingga Rabu 23 Februari 2022 sehingga mengakibatkan dibeberapa titik wilayah Kota kupang mengalami genangan air yang sangat tinggi.

Terdata ada warga di Kelurahan Fatululi yang mengungsi di Gereja Menara Kesaksian sejumlah 23 KK dan 115 Jiwa terdampak.
Selain itu ada beberapa kepala keluarga yang mengungsi di rumah tetangga yang aman dari banjir dan sebagian lagi masih bertahan di rumah masing-masing.

Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti, SIk mengerahkan anggota polsek, Satuan Sabhara, Satuan lalu lintas dan Bhabinkamtibmas turun ke lokasi berdampak banjir di Kota Kupang.

Bhabinkamtibas meghimbau kepada warga agar tidak mendekati bentaran sungai/ kali yang rawan meluap agar tidak ada korban jiwa.
Sementara anggota Sat Sabhara Polres Kupang Kota membantu membersihkan genangan air yang membawa sampah ke atas jembatan atau menutupi jalan.

Sedangkan anggota Sat Lantas mengalihkan arus lalu lintas ke jalur yang aman bagi pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sampai dengan saat ini pendataan masih dilakukan guna mengetahui kerugian materil yang diderita warga Kota Kupang.
Kapolres Kupang Kota juga berkeliling ke wilayah Kota Kupang memantau anggota membantu masyarakat membersihkan lokasi berdampak banjir serta memerintahkan seluruh anggotanya untuk Tanggap bencana.