Apel Gelar Pasukan Polresta Kupang Kota, Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024

Apel Gelar Pasukan Polresta Kupang Kota, Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024
Apel Gelar Pasukan Polresta Kupang Kota, Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024

Tribratanewskupangkota.com - Polresta Kupang Kota menggelar apel gelar pasukan, dalam rangka pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024, yang berlangsung di Lapangan Apel Mapolresta Kupang Kota, Senin (26/8/2024) sore. 

 

Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta instansi terkait, sebelum melaksanakan tugas pengamanan di lapangan. 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang memimpin langsung apel gelar pasukan, dalam amanatnya dikatakan, apel ini dalam rangka pengecekan kesiapan personel sebelum menjalankan tugas pelayanan dalam pilkada serentak. 

 

"Kehadiran kita semua disini menandakan bahwa kita siap untuk memberikan yang terbaik demi menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menghadapi pesta demokrasi," ungkap Kapolresta. 

 

Diharapkan, sambungnya, semua perencanaan yang sudah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal guna mensukseskan pelaksanaan pilkada di Kota Kupang yang aman dan damai. 

Terdapat berbagai potensi kerawanan yang perlu diantisipasi sejak dini, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu penyelenggaraan pilkada. 

 

"Dalam pelaksanaan operasi ini, Polresta Kupang Kota melibatkan 446 (empat ratus empat puluh enam) personel, yang melakukan pengamanan di 6 Kecamatan dan 51 Kelurahan di Kota Kupang," sebut Kombes Aldinan Manurung. 

 

Adapun penekanan orang nomor satu di Polresta Kupang Kota ini, yakni pertama, siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi. Kedua, petakan setiap kerawanan pada setiap tahapan pilkada serta lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen yang didukung juga oleh Bhabinkamtibmas. 

Ketiga, implementasikan Asta Siap secara maksimal di masing-masing kesatuan, sehingga pengamanan pilkada serentak dapat berjalan lancar. Keempat, perkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pilkada. 

 

Lanjut dia, kelima, jaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam politik praktis, keenam, tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman terorisme yang memanfaatkan momen pilkada. 

Selanjutnya, lakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran tindak pidana pilkada secara terpadu, dan terakhir, berikan arahan dan petunjuk yang jelas kepada anggota, sebelum bertugas serta siapkan rencana pengamanan dan latihan secara rutin kepada seluruh personel. 

"Mari kita bersama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di Kota Kupang, terutama pada rangkaian tahapan pilkada serentak 2024, karena Polri tidak bisa bergerak sendiri, tentunya butuh dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat yang ada," tandas Kapolresta Kupang Kota. 

Hadir dalam apel gelar pasukan, diantaranya Sekretaris Daerah Kota Kupang Fahrensy Priestly Funay, S.E., M.Si, Ketua Pengadilan Negeri Kupang Kelas IA Fery Haryanta, S.H, Danpomal Lantamal VII Kupang Letkol Laut (PM) Catur Dono Wibowo, Amd, Dansatpom Lanud El Tari Kupang Letkol Iwan Suwebu, pejabat utama Polresta Kupang Kota, Kasat Polisi Pamong Praja Kota Kupang Rudi Abubakar, Sekretaris BPBD Kota Kupang Dr. Johni Boymau dan Perwakilan Bawaslu Kota Kupang. (AN)