Presiden Jokowi Resmikan IJD di Naioni, Polresta Pengamanan Rute dan Lokasi

Presiden Jokowi Resmikan IJD di Naioni, Polresta Pengamanan Rute dan Lokasi

Tribratanewskupangkota.com - Personel Polresta Kupang Kota melakukan pengamanan rute dan juga lokasi, dalam rangka peresmian Inpres Jalan Daerah (IJD) oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, yang terletak di Kelurahan Naioni, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Selasa (1/10/2024) sore.

Turut hadir bersama Presiden Jokowi, diantaranya Penjabat Gubernur NTT Dr. Andriko Noto Susanto, S.P., M.P, Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni, Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A, Komandan Korem 161/ Wira Sakti Kupang Brigjen TNI Joao Xavier Barreto, Komandan Lanud El Tari Kupang Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, Komandan Lantamal VII Kupang Laksma TNI I Putu Darjatna, Kepala Kejaksaan Tinggi NTT Zet Tadung Allo dan Sekretaris Daerah Provinsi NTT Kosmas D. Lana, S.H., M.Si.

Tiba di lokasi, Presiden dan rombongan disambut secara adat dan tarian, lalu dilanjutkan paparan oleh Kepala Balai BPJN Provinsi NTT Januandi.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Indonesia ini mengatakan, tahun 2023 telah dibangun dan diperbaiki 27 ruas jalan sepanjang 217 KM, ditangani dengan Inpres Jalan Daerah dengan anggaran Rp. 737 miliar, diharapkan dengan anggaran sebesar itu jalan-jalan di Provinsi Nusa Tenggara Timur semuanya bisa diperbaiki.

Bahwa tujuan dari peresmian IJD merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat peningkatan konektivitas dan aksesibilitas di daerah, dengan fokus pada perbaikan dan pembangunan jalan.

Diharapkan, lanjut Presiden, dalam keadaan yang seperti kita lihat di jalan ini, sudah baik, tidak ada lubang dan masyarakat bisa menikmatinya.

Bahwa Pembangunan jalan di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan Inpres jalan daerah yang menelan anggaran Rp. 737 miliar pada sore ini dapat diresmikan.

Selanjutnya, penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian IJD (Inpres Jalan Daerah) di Kelurahan Naioni, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi NTT.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dalam keterangannya mengatakan, personel Polresta Kupang Kota dikerahkan ke setiap persimpangan dan titik lokasi yang menjadi rawan kemacetan.

"Kami telah gelar personel Polresta Kupang Kota yang melakukan pengamanan rute Presiden, sejak dari Bandara El Tari, Jalan Jalur 40 Penfui hingga Fatukoa, dan sampai ke titik lokasi peresmian di Naioni," ujar Kapolresta, Selasa (1/10/2024) malam.

Selain itu, personel dari TNI juga hadir bekerjasama saling mendukung dalam tugas pengamanan, guna melancarkan kunker Presiden RI dan rombongan selama berada di Kota Kupang.

Terpantau media ini, pengamanan oleh personel Polresta Kupang Kota di lokasi peresmian IJD di Kelurahan Naioni, dipimpin oleh Kabag Operasi Kompol Oktovianus Wadu Ere, S.H.

Untuk diketahui, peresmian IJD oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, dengan panjang jalan 5,5 KM, dan menelan biaya Rp. 19,1 miliar, yang bertempat di Kelurahan Naioni, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi NTT. (AN)