Presiden RI Kunker ke Kota Kupang, Polresta Terjunkan Personel Pengamanan VVIP

Presiden RI Kunker ke Kota Kupang, Polresta Terjunkan Personel Pengamanan VVIP

Tribratanewskupangkota.com - Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dan rombongan, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

 

Presiden RI dan Rombongan tiba di Bandara El Tari Kupang menggunakan pesawat kepresidenan, pada Selasa (1/10/2024) sore. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang ditemui saat memimpin langsung pengamanan mengatakan, dalam rangkaian kunjungan kerja Presiden RI dan rombongan di beberapa lokasi di Kota Kupang, Polresta Kupang Kota menerjunkan ratusan personel, guna melakukan pengawalan dan pengamanan di lokasi kunjungan. 

"Kami terjunkan ratusan personel pengamanan VVIP, yang tentunya di bawah kendali Paspampres dan TNI (Korem 161 Wira Sakti Kupang) untuk mengamankan seluruh kegiatan Presiden di Kota Kupang," kata Kombes Aldinan Manurung. 

 

Personel pengamanan VVIP disiagakan mulai dari Bandara El Tari, rute yang dilalui, hingga ke Kecamatan Alak. 

 

"Personel telah ditempatkan untuk lakukan pengamanan, sejak dari Bandara, rute-rute yang dilalui, hingga ke lokasi rencana kunjungan di Kelurahan Naioni Kecamatan Alak," ungkap Kapolresta. 

Selain itu, fokus pengamanan juga di lokasi hotel penginapan. 

 

"Kami juga amankan tempat penginapan Presiden di salah satu hotel di Kota Kupang, sehingga seluruh rangkaian kunker di Kota Kupang berlangsung kondusif," ucap dia lagi. 

 

Kapolresta Kupang Kota berharap, dalam pengamanan kunjungan Presiden RI, personel TNI dan Polri sama-sama menjaga Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) agar tetap stabil dan terkendali. 

 

"Mari kita sama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, karena situasi Kota Kupang saat ini juga, sedang dalam masa Operasi Mantap Praja (OMP) Turangga 2024 atau pengamanan Pilkada Kota Kupang," pinta dia. 

Tiba di Bandara El Tari Kupang, Presiden Jokowi kemudian meninjau UMKM yang terletak di bandara tersebut, dan selanjutnya meresmikan proyek Inpres Jalan Desa (IJD) yang berada di Kelurahan Naioni. 

 

Untuk diketahui, selain Kota Kupang, Presiden RI dan rombongan juga akan berkunjung ke beberapa Kabupaten lain di Provinsi NTT, yakni Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU), Alor, Sumba Barat Daya (SBD) dan Sumba Barat, sejak tanggal 1 sampai dengan 3 Oktober 2024. (AN)