Bhabinkamtibmas Fontein Polresta Kupang Kota Bersihkan Saluran Air yang Tersumbat Sampah

Bhabinkamtibmas Fontein Polresta Kupang Kota Bersihkan Saluran Air yang Tersumbat Sampah

Tribratanewskupangkota.com - Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Fontein Polresta Kupang Kota AIPDA Niko Djami, dan Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Fontein Blasius Daduk bersama staf, melaksanakan pembersihan di saluran atau selokan air, yang dipenuhi oleh sampah, pada Senin (18/3).

 

Pembersihan sampah plastik dan dedaunan tersebut, dilakukan untuk memperlancar arus air di selokan depan Bank BRI Cabang Kupang, Jalan Soekarno, Kelurahan Fontein, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

 

Kapolsek Kota Raja AKP Ricky Dally, S.H yang hubungi tribratanewskupangkota.com mengatakan, pembersihan yang dilakukan pada lokasi tersebut, karena saat turun hujan, air meluap hingga ke badan jalan dan mengakibatkan kemacetan.

 

"Pada lokasi tersebut (Simpang Jalan Soekarno dan Jalan Percetakan Cendana) di depan Bank BRI Cabang Kupang, sampah menutupi selokan, sehingga saat turun hujan, air meluap ke badan jalan," terang Kapolsek Kota Raja.

Lebih lanjut dikatakan, apabila hujan turun dengan intensitas lebat, menyebabkan banjir dan arus air yang cukup deras, karena badan jalan itu berada dengan posisi sedikit menurun, yang mengakibatkan kendaraan khususnya sepeda motor harus ekstra hati-hati jika terpaksa melewati jalan tersebut.

 

"Kami himbau masyarakat untuk saling menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan utamanya pada selokan, yang bisa menimbulkan tersumbatnya aliran air, sehingga terjadi luapan yang bisa mengganggu lingkungan serta kesehatan masyarakat," ucap mantan Kanit Tipidkor Polresta Kupang itu.

 

AKP Ricky Dally meminta, agar masyarakat saling menjaga saluran air agar tetap berfungsi baik, dan semua warga khususnya Kelurahan Fontein harus saling bergotong royong dalam usaha pemeliharaan salurang air, dengan cara kerja bakti secara berkala. (AN)