Arus Mudik Meningkat, Polsubsektor Tenau Tingkatkan Pengamanan di Pelabuhan

Arus Mudik Meningkat, Polsubsektor Tenau Tingkatkan Pengamanan di Pelabuhan

Tribratanewskupangkota.com - Kepolisian Sub Sektor (Polsubsektor) Pelabuhan Tenau Kupang yang dipimpin Kepala Polsubsektor Ipda Teguh Imam Santoso, memimpin langsung pengamanan yang dilakukan personelnya, di Pelabuhan Tenau Kupang, Kelurahan Alak, Kota Kupang, Sabtu (6/4/2024). 

Pengamanan yang dilakukan, terhadap orang maupun barang atau benda, yang hendak berangkat maupun datang, di dalam dan sekitar area Pelabuhan Tenau Kupang. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang diwawancarai portal media online resmi Humas Polresta Kupang Kota tribratanewskupangkota.com melalui Kapolsubsektor Ipda Teguh mengatakan, pengamanan pada area pelabuhan selain oleh Polri, juga instansi terkait atau otoritas pelabuhan, dimana saling bekerjasama dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan para penumpang dan barang. 

 

"Kami (Polsubsektor Pelabuhan Tenau) bersama TNI dan otoritas pelabuhan, menjalin kemitraan dan kerjasama dalam mengamankan area pelabuhan, demi terciptanya rasa aman dan nyaman bagi seluruh penumpang," ungkap Kapolsubsektor. 

Selain itu, pada waktu tertentu secara random, personel Polsubsektor melakukan patroli di dalam area pelabuhan, guna memastikan keamanan kapal yang sementara sandar di pelabuhan dan ABK, sehingga keamanan yang selama ini kondusif terus dipertahankan, dan juga tidak adanya hambatan atas aktifitas bongkar muat barang di pelabuhan peti kemas, ucap Ipda Teguh lagi. 

 

"Khusus pada arus mudik lebaran saat ini, pengamanan lebih diperketat terhadap penumpang dan barang bawaan. Pemeriksaan tiket dan surat-surat kendaraan juga terus dilakukan dengan cara seksama, guna meminimalisir adanya pelanggaran ataupun penyelundupan yang berpotensi mengganggu keamanan jelang Idul Fitri 1445 Hijiriah," tandas dia. 

Terpantau media ini saat mendatangi area di sekitar dermaga pada pukul 07.00 Wita, Kapal Motor Dharma Kartika V sedang menaikkan penumpang dan kendaraan, dengan jumlah 1.189 orang penumpang dan 35 unit kendaraan roda empat, serta 53 unit sepeda motor roda dua, dengan tujuan keberangkatan Pelabuhan di Kota Waingapu, Lembar dan pelabuhan tujuan terakhir, yakni Pelabuhan Tanjung Perak di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. (AN)