Amankan Pawai Ogoh-Ogoh, Polresta Kupang Kota Kerahkan Personel Pengamanan

Amankan Pawai Ogoh-Ogoh, Polresta Kupang Kota Kerahkan Personel Pengamanan

Tribratanewskupangkota.com - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kupang Kota mengerahkan 60 personel pengamanan Upacara Tawur Kesanga dan Pawai Ogoh-Ogoh, yang menjadi rangkaian Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946. 

Kapolresta Kupang Kota melalui Kepala Seksi Humas IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly menjelaskan, dalam rangka mengamankan jalannya upacara adat dan pawai ogoh-ogoh di Kota Kupang, Polresta Kupang Kota mengarahkan personel untuk melakukan pengamanan. 

 

"Dalam rangka kegiatan upacara adat dan pawai ogoh-ogoh yang berlangsung di Jalan El Tari Kelurahan Oebobo, Kapolresta Kupang Kota mengeluarkan surat perintah pengamanan," ungkap Kasihumas yang dihubungi media ini, Minggu (10/3) siang. 

 

Pengamanan dilakukan untuk melancarkan kegiatan keagamaan umat Hindu di Kota Kupang, sebelum Hari Raya Nyepi Tahun 2024. 

Dijelaskannya lagi, personel pengamanan terdiri atas personel dari Satuan Samapta, Satuan Lalu Lintas, Satuan Reskrim, Satuan Intelkam, Seksi Propam dan Polsek Kota Raja, serta juga dari Dinas Perhubungan dan Satpol Pamong Praja Kota Kupang, sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. 

 

"Personel pengamanan dari beberapa satuan fungsi dan Polsek Kota Raja, mengamankan lokasi yang menjadi tempat upacara adat dan titik-titik lokasi yang menjadi rute pawai ogoh-ogoh. Juga dibantu dari Dinas Pehubungan dan Satpol PP Kota Kupang," jelas Kasihumas lagi. 

 

Selain itu, personel Satlantas melakukan penutupan dan pengalihan arus kendaraan di Jalan El Tari, dan mengatur lalu lintas masyarakat lainnya agar tidak terganggu. 

 

"Kami mohon maaf kepada masyarakat atas pengalihan arus kendaraan saat berlangsungnya pawai ogoh-ogoh, dan setelah pawai selesai arus kendaraan di Jalan El Tari akan kami buka kembali," tutup IPDA Franky. (AN)