Warga Pasar Kasih Naikoten 1 Curhat, Minta Pembangunan Pos Polisi

Warga Pasar Kasih Naikoten 1 Curhat, Minta Pembangunan Pos Polisi

Tribratanewskupangkota.com – Warga Kelurahan Naikoten 1, khususnya yang berdomisili di seputaran Pasar Kasih, “Curhat” kepada Kapolsek Kota Raja AKP Ricky Dally, S.H yang hadir dalam kegiatan “Jumat Curhat”, yang berlangsung di Rt. 024 Rw. 009, Kelurahan Naikoten 1, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Jumat (8/3) pagi.

 

Hadir dalam kegiatan yang digagas oleh Mabes Polri untuk mendengar masukan, usul dan saran, diantaranya Wakil Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Wadir Tahti) Polda NTT, Kepala Detasemen Gegana Satbrimob Polda NTT, dan Kepala Seksi STNK Direktorat Lalu Lintas Polda NTT.

 

Tampak hadir pula, Camat Kota Raja, Lurah Naikoten 1, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Naikoten 1, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan warga Rt. 024 Kelurahan Naikoten 1.

 

Pertanyaan dan masukan pertama datang dari Bapak Fredik Bolla, yang mempertanyakan terkait aturan pemutaran musik dengan suara yang cukup keras di lingkungan masyarakat, dan memberikan masukan agar memasuki bulan puasa, adanya sikap saling toleransi antar masyarakat.

 

“Kami ingin bertanya, apakah ada aturan yang mengatur tentang pemutaran musik di lingkungan rumah atau tempat tinggal. Dan menyampaikan masukan, dengan besar harapan warga saling menjaga toleransi karena sebentar lagi akan masuk bulan puasa bagi umat Islam,” ucap Fredik Bolla.

Seorang tokoh pemuda, menyarankan untuk menekan tingkat kriminalitas di Kelurahan Naikoten 1, khususnya di sekitar pasar inpres atau kasih, agar dibuat pos polisi di dalam kompleks pasar kasih, harap Beni Appa.

 

Wadir Tahti Polda NTT menyampaikan bahwa semua pengeluhan dan masukan dari masyarakat akan ditindaklanjuti, serta kepolisian juga akan melaksanakan patroli rutin di seputaran Kelurahan Naikoten 1, untuk mencegah perbuatan negatif dan menekan tingkat kriminalitas khusus seputaran pasar inpres.

“Kepolisian akan lebih rutin melaksanakan patroli, dan patroli akan dilakukan hingga ke dalam kompleks pasar. Apabila ada gangguan keamanan segera hubungi Call Center bebas pulsa 110 atau mendatangi kantor polisi terdekat,” jawab Wadir Tahti.

 

Kepala Detasemen Gegana Satuan Brimob menambahkan, Polda NTT akan bekerja secara maksimal dalam melayani masyarakat, dan mengharapkan kepada masyarakat agar dapat bekerjasama untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang lebih baik, harapnya.

 

Kapolsek Kota Raja pada kesempatan itu juga mengatakan, Polsek Kota Raja siap melayani masyarakat selama 1x24 jam dalam menjaga keamanan.

“Kami siap siaga selama sehari penuh untuk melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat,” ujar AKP Ricky Dally.

 

Lebih lanjut dikatakan, Bhabinkamtibmas juga akan lebih meningkatkan patroli dan pendekatan kepada masyarakat, serta bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menciptakan suasana yang aman dan damai.

Selain itu, juga akan mengajak seluruh masyarakat di Kelurahan Naikoten 1 untuk sama-sama menjaga sikap toleransi antar sesama yang berbeda agama, dalam menyambut bulan suci Ramadhan, tutup mantan Kanit Tipidkor Polresta Kupang itu.

 

Benny Appa berharap, agar tim Cyber Polda NTT dapat melakukan patroli di dunia maya (Internet) terhadap akun-akun yang ilegal atau akun palsu yang selama ini meresahkan masyarakat dalam bermedia sosial yang sering menyebarkan berita bohong atau Hoax, dan bahasa-bahasa yang ditujukan untuk menyerang seseorang atau instansi.

 

Atas keluhan itu, pihak kepolisian berjanji akan segera menindaklanjuti sesuai dengan bidang tugas dan fungsi di kepolisian, dan meminta masyarakat juga berperan aktif apabila melihat suata pelanggaran atau kejahatan yang terjadi dengan melaporkannya, dan turut juga menjaga kamtibmas yang terus kondusif di tengah-tengah masyarakat. (AN)