Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Mapolresta Kupang Kota

Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Mapolresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, yang berlangsung di lapangan apel Mako Polresta Kupang Kota, Alamat Jalan Frans Seda Kelurahan Kayu Putih, Kamis (17/8/2023) pagi.

Sebagai peserta upacara, yakni pejabat utama di lingkungan Polresta Kupang Kota, Perwira, Bintara dan Aparatur Sipil Negara Polresta Kupang Kota, serta Polsek jajaran.

Upacara diawali dengan Irup memasuki lapangan upacara, penghormatan peserta upacara kepada Irup yang dipimpin oleh komandan upacara IPDA Andi Gunawan (Kanit Tipidter Polresta Kupang Kota), pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dipimpin oleh Irup, pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara, pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan dilanjutkan dengan pembacaan amanat Presiden Republik Indonesia.

Wakapolresta Kupang Kota saat ditemui mengatakan, merdeka tidaklah datang dengan mudah. Merdeka adalah suatu perjuangan yang harus tetap kita perjuangkan setiap hari, setiap jam, setiap menit, dan setiap detik, sampai akhir hayat kita. Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah pernyataan teguh dan bulat bahwa bangsa Indonesia telah merdeka.

 

Selain itu, upacara ini juga sebagai penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. "Mari kita menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan, dan sebagai anggota Polri kiranya kita selalu bekerja dalam melayani masyarakat dengan ikhlas dan penuh semangat agar kondusifitas wilayah khususnya di Kota Kupang tetap terpelihara dengan baik", pungkas mantan Kapolres Kupang. (AN)