Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala, Personel Polresta Kupang Kota Dituntut Memiliki Kebugaran Tubuh yang Prima

Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala, Personel Polresta Kupang Kota Dituntut Memiliki Kebugaran Tubuh yang Prima
Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala, Personel Polresta Kupang Kota Dituntut Memiliki Kebugaran Tubuh yang Prima

Tribratanewskupangkota.com – Polresta Kupang Kota melalui Bagian Sumber Daya Manusia (Bag SDM) kembali menyelenggarakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ), dan kali ini pelaksanaan pada periode I Tahun Anggaran 2024.

 

TKJ yang diselenggarakan selama tiga hari, dan telah dimulai sejak hari Kamis tanggal 2 Mei sampai dengan Sabtu 4 Mei 2024, diikuti oleh seluruh personel termasuk Polsek jajaran, yang berlangsung di Mako Polresta Kupang Kota.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., SI.K., M.Si yang ditemui di ruangan kerjanya mengatakan, pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani untuk kembali menguji kemampuan jasmani setiap personel, agar mendapatkan personel yang sehat secara fisik dan mental.

 

“Pelaksanaan TKJ, dengan tujuan mendapatkan personel Polri yang dalam kondisi prima, dan memiliki kesiapan fisik dan mental untuk menjalankan tugas perlindungan, pengayoman dan pelayanan bagi masyarakat,” ungkap Kapolresta, Jumat (3/5) pagi.

 

Pada tempat terpisah, Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Polresta Kupang Kota Kompol Herman Bessie saat memantau pelaksanaan TKJ mengatakan, Bag SDM saat ini sedang melaksanaan kegiatan pembinaan jasmani di lingkungan Polri, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 4 Tahun 2018, tentang Pembinaan Jasmani di Lingkungan Polri.

“Selama tiga hari kami selenggarakan tes kesamaptaan, agar tidak mengganggu personel dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan kita lakukan secara bergiliran pada tiap bagian, fungsi dan Polsek jajaran,” jelas Kabag SDM.

 

Dikatakannya lagi, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh, kemudian memelihara postur dan penampilan anggota itu sendiri, dan merupakan bagian dari meningkatkan kinerja personel di lapangan.

“Apabila anggota sehat jasmani dan rohani, tentunya pelayanan kepada masyarakat akan berjalan baik dan bisa ditingkatkan, utamanya menjelang pelaksanaan Pilkada Kota Kupang pada 27 November 2024 mendatang,” terang mantan Wakapolres Ngada lagi.

 

Adapun materi dalam TKJ ini meliputi lari mengelilingi mako selama 12 menit, Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shutle Run, serta beladiri Polri. (AN)