Sosialisasi Tertib Berlalulintas di Sekolah, Polresta Kupang Kota Ajak Siswa Tingkatkan Kesadaran dan Kepatuhan

Sosialisasi Tertib Berlalulintas di Sekolah, Polresta Kupang Kota Ajak Siswa Tingkatkan Kesadaran dan Kepatuhan

Tribratanewskupangkota.com – Polres Kota Kupang Kota melalui Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Akp Sudirman, S.Sos bersama Kepala Unit Keamanan dan Keselamatan (Kanit Kamsel) Ipda Komang Wiwin Tribuana Putri, S.Tr.K, menggelar sosialisasi tertib berlalulintas di SMA Negeri 1 Kota Kupang, pada Senin (15/10/2024) pagi tadi.

                         

Kegiatan yang berlangsung di lapangan apel sekolah tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam berlalulintas guna menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalulintas (Kamseltibcarlantas).

 

Acara dimulai dengan apel pagi yang dipimpin oleh Kasat Lantas, dan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kepada siswa SMAN 1 Kupang, serta kepada guru dan staf.

Dalam arahannya, mantan Kasubdit Regident Ditlantas Polda NTT mengajak para siswa untuk mematuhi aturan berlalulintas dan memahami pentingnya disiplin di jalan.

 

"Kita semua memiliki peran dalam menjaga keselamatan berlalulintas. Dengan disiplin dan patuh terhadap aturan yang ada, kita bisa mencegah kecelakaan dan mengurangi pelanggaran lalulintas yang sering terjadi,"  tegas Akp Sudirman.

 

Beberapa poin penting yang disampaikan dalam sosialisasi antara lain, larangan menggunakan Handphone saat berkendara, pentingnya helm berstandar SNI, larangan berkendara bagi siswa yang masih di bawah umur, serta bahaya berkendara dalam pengaruh alkohol.

 

Selain itu, Kasat Lantas Sudirman juga mengingatkan tentang aturan berkendara tidak melawan arus, membatasi kecepatan, dan pentingnya menggunakan knalpot sesuai spesifikasi teknis.

 

“Siswa yang belum cukup umur di larang membawa kendaraan bermotor, dan siswa yang dibonceng orang tua ke sekolah, wajib menggunakan helm SNI demi keselamatan sendiri, dengan mengurangi resiko fatalitas saat terjadi benturan atau kecelakaan,” ujar Kasat Sudirman.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dalam keterangannya, menekankan pentingnya kegiatan seperti ini untuk menanamkan kesadaran berlalulintas sejak masih usia sekolah.

"Melalui sosialisasi ini, kami berharap siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Kupang dapat menjadi contoh dan teladan bagi siswa sekolah lainnya, serta masyarakat dalam mematuhi aturan berlalulintas. Kesadaran ini sangat penting, tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tetapi juga orang lain," ujar Kapolresta Aldinan Manurung.

 

Tambah mantan Kapolres Kupang ini, sosialisasi akan terus digelar demi mewujudkan masyarakat Kota Kupang yang patuh dan taat terhadap aturan lalulintas, serta menjadikan keselamatan menjadi suatu kebutuhan.

 

Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab, para siswa diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan anggota Satlantas terkait hal-hal yang mereka ingin ketahui tentang keselamatan berlalulintas. (LC)