Kapolresta Hadiri Pleno Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Kupang, dan Berikan Apresiasi Atas Penyelenggaraan Pemilu yang Kondusif

Kapolresta Hadiri Pleno Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Kupang, dan Berikan Apresiasi Atas Penyelenggaraan Pemilu yang Kondusif

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., SI.K., M.Si menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Peserta Pemilu dan Penetapan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Kupang Dalam Pemilu Tahun 2024, yang berlangsung di Hotel Harper Kupang.

 

Hadir dan memimpin jalannya rapat pleno, yakni Ketua KPU Kota Kupang Ismael Manoe bersama anggota.

Tampak hadir pula, Ketua Bawaslu Kota Kupang Yunior Adi Chandra Nange, Danramil 01/1604 Kupang Mayor Inf. Hendry Dunant, Kasie Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Kupang Rindaya Sitompul, Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Kupang Noce Nus Loa, para pengurus partai politik peserta pemilu, dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

 

KPU Kota Kupang pada kesempatan itu, menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Kupang dalam Pemilu Tahun 2024.

 

Adapun total kursi yang ditetapkan, yakni sejumlah 40 kursi yang tersebar pada 10 partai dari 18 partai politik peserta pemilu 2024.

Lebih lanjut, dia merincikan 10 partai yang memperoleh kursi, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 5 kursi, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 5 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 5 kursi, Partai Golongan Karya (Golkar) 5 kursi, dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 5 kursi.

 

Kemudian, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 3 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 4 kursi, Partai Demokrat 4 kursi, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 3 kursi, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 1 kursi.

 

Setelah usai menetapkan jumlah kursi, KPU Kota Kupang lalu menetapkan calon terpilih anggota DPRD Kota Kupang dari lima Daerah Pemilihan (Dapil).

 

Acara selanjutnya, yaitu penandatanganan berita acara salinan keputusan yang telah ditandatangani oleh ketua dan anggota KPU Kota Kupang, dan kemudian diserahkan ke Pemerintah Kota Kupang (Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas) untuk digunakan sesuai peruntukannya, termasuk kepada Kapolresta Kupang Kota.

Kapolresta Aldinan Manurung yang ditemui setelah usai mengikuti rapat pleno, memberikan ucapan selamat dan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu Kota Kupang yang telah berhasil menyelenggarakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg), yang berjalan kondusif.

 

"Terima kasih kepada penyelenggara dan pengawas pemilu, dalam hal ini KPU dan Bawaslu, karena penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2024 (14/2) kemarin berlangsung aman, damai, sejuk dan tertib," ungkap Kapolresta, Kamis (2/5) malam.

 

Tak lupa, orang nomor satu di Polresta Kupang Kota itu, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat, karena ikut mendukung dan bekerjasama dalam menyukseskan pemilu 2024.

 

"Terima kasih tentunya kepada masyarakat, yang atas dukungan dan kerjasamanya, pelaksanaan pemilu sejak masa pendaftaran, penetapan calon, kampanye hingga sebelum saat dan setelah hari pemungutan suara, sitkamtibmas terus dalam keadaan aman dan tertib," puji Kapolresta Kombes Aldinan Manurung.

 

Lebih jauh dikatakan, beberapa waktu lalu telah di Launching tahapan Pilkada Kota Kupang, harapannya kerjasama dan dukungan semua pihak dalam bidang keamanana terus terjalin baik.

 

"Minggu yang lalu (27/4) KPU Kota Kupang telah meluncurkan tahapan pilkada kota kupang. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak, termasuk masyarakat untuk bergandengan tangan menjaga keamanan, demi menyukseskan agenda pilkada kota kupang yang berjalan aman dan damai," harap Kapolresta  Kupang Kota. (AN)