BBM Naik, Sopir Angkot Lakukan Aksi Mogok di Jalan Timor Raya

BBM Naik, Sopir Angkot Lakukan Aksi Mogok di Jalan Timor Raya

Tribratanewskupangkota.com - Sopir Angkutan Kota (Angkot) jurusan Noelbaki-Kupang dan jurusan Penfui-Kupang melakukan mogok kerja dengan tidak melaksanakan kegiatan mengangkut penumpang.

Aksi mogok tersebut dilakukan pada Senin (5/9/2022) pukul 12.00 Wita di Jalan Timor Raya Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.

Koordinator Aksi Feri Dethan, 43 tahun, Sopir yang beralamat di Jalan Pelita. RT 08/RW 03 Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang mengatakan bahwa para Supir Angkot melakukan aksi mogok dengan tujuan untuk menuntut penyesuaian tarif angkot pasca kenaikan BBM.

Karena sampai saat ini Dinas Perhubungan dan Instansi terkait belum mengambil langkah terkait dengan kenaikkan BBM ini, untuk itu kami melakukan aksi mogok ini sebagai bentuk protes, lanjut Feri.

Feri juga menambahkan apabila dalam jangka waktu tiga hari kedepan, belum ada penetapan tarif baru dari instansi terkait maka akan dilaksanakan rapat antar pemilik angkot maupun para sopir untuk merencanakan pelaksanaan aksi menuntut penetapan tarif angkot yang baru pasca kenaikan harga BBM .

Pejabat Sementara Kapolsek Kelapa Lima AKP Mesakh Yohanis Hetharie, S.H. kepada para sopir yang melakukan aksi mogok menghimbau agar para sopir sekalian segera membubarkan diri dan mengoperasikan angkot kembali seperti biasa, sambil menunggu keputusan dari pemerintah terkait dengan perubahan tarif Pasca kenaikan BBM dan lakukan rapat internal terlebih dahulu untuk membahas dan menentukan perwakilan untuk menyampaikan tuntutan saudara sekalian yang sudah di sepakati.

Aksi mogok sopir angkutan kota jurusan Noelbak-Kupang dan Penfui-Kupang mendapat pengawalan ketat dari Anggota Polresta Kupang Kota yakni dari Satuan Samapta, Satuan Lalulintas, Satuan Intelkam, dan Anggota Polsek Kelapa Lima.

Setelah mendengar himbauan dari Pejabat Sementara Kapoksek Kelapa Lima, para sopir yang tergabung dalam masa aksi mogok langsung membubarkan diri.