Polresta Kupang Kota Gelar Pembinaan Rohani dan Mental: Tingkatkan Iman dan Komitmen Pelayanan Anggota Polri

Polresta Kupang Kota Gelar Pembinaan Rohani dan Mental: Tingkatkan Iman dan Komitmen Pelayanan Anggota Polri

Tribratanewskupangkota.com - Guna meningkatkan spiritualitas dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, personel Polresta Kupang Kota melaksanakan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal), pada Kamis (10/10/2024).

Kegiatan Binrohtal ini diperuntukan kepada semua personel yang mengikutinya, sesuai dengan agama masing-masing, yaitu Kristen, Katolik, Islam dan Hindu. Personel yang beragama Kristen melaksanakan Binrohtal di Gereja Oikumene, yang dipimpin ibu Pendeta Monalisa Fanggidae Dethan, S.Th.

Kemudian, personel yang beragama Islam melaksanakan Binrohtal di ruangan Wakapolresta Kupang Kota melalui Zoom Meeting, dipimpin penceramah  Kasubbag Renmin Ditlantas Polda Sulsel, dan Pembina Muhammad Yusuf. S.Ag., M.Ag, meliputi pembacaan yasin berjamaah dan tausiah agama, yang diselenggarakan oleh Bagbinreligi Rowatpers SSDM Polri.

Personel yang beragama Katolik, Binrohtal dilaksanakan di Aula Bijaksana Polresta Kupang Kota. Dimulai dengan Doa Rosario, dan dilanjutkan dengan misa  yang dipimpin oleh Romo Ipda Antonius Arifin Samosi, S.Fil., M.Th.

Sedangkan personel yang beragama Hindu, melaksanakan ibadahnya bertempat di Ruang Suci Polresta Kupang Kota, yang mana kegiatannya dilangsungkan melalui Zoom Meeting, dan dipimpin Iptu Cokorda Agung S.D.P., SA.G., S.IP dari Bagbinreligi Rowatpers SSDM Polri.

 

Dalam khotbahnya, pendeta Monalisa menekankan bahwa setiap individu dihadapkan pada berbagai pilihan hidup. Pilihan-pilihan tersebut akan membawa konsekuensi yang berbeda-beda, sehingga setiap keputusan harus diambil dengan bijaksana dan di dasari oleh iman.

 

"Hidup adalah pilihan, dan pilihan yang kita buat hari ini akan menentukan masa depan kita. Sebagai anggota Polri, saudara-saudara telah memilih untuk mengabdi kepada negara dan masyarakat. Oleh karena itu, pertahankanlah komitmen tersebut dan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," ungkap pendeta Gereja GMIT Betlehem Oesapa Barat itu.

Sedangkan Romo Antonius dalam khotbahnya mengatakan, “Ketuklah maka pintu akan dibukakan bagimu, carilah maka kamu akan mendapatkan, dan mintalah maka kamu akan diberi. Maka Ia akan memberikan Roh Kudus kepada siapapun yang meminta kepadaNya,” pesan Romo yang juga anggota Polri tersebut.

 

Setelah selesai ibadah di Gereja Oikumene, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si juga memberikan pesan yang menggugah.

 

Mantan Kapolres Kupang ini menyampaikan, bahwa menjadi seorang anggota Polri adalah sebuah pilihan yang penuh tanggung jawab yang diemban.

"Pilihan kita sebagai anggota Polri adalah untuk melayani masyarakat, menjaga keamanan, dan ketertiban," ungkap Kapolresta.

 

Hal ini, tambahnya, merupakan komitmen yang harus kita junjung tinggi. Kita harus siap menghadapi segala tantangan dan konsekuensi yang datang, karena itu adalah bagian dari kehidupan.

 

Kapolresta juga mengingatkan bahwa setiap anggota Polri adalah juga anak Tuhan, yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, dengan iman yang kuat, semua permasalahan dapat dihadapi.

"Kita harus bisa melayani masyarakat dengan baik, tanpa membeda-bedakan. Mari kita jadikan pelayanan kita sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan,” pesan Kombes Aldinan Manurung.

 

Di akhir kegiatan, Kapolresta mengucapkan terima kasih kepada pendeta yang telah memberikan siraman rohani kepada seluruh personel, dan kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala, guna meningkatkan kualitas iman dan yang akan berdampak pula kepada kinerja anggota Polri. (AN)