Penyandang Disabilitas Garamin NTT Ikut Serta Dalam Gerai Vaksin Polri Presisi Polres Kupang Kota

Penyandang Disabilitas Garamin NTT Ikut Serta Dalam Gerai Vaksin Polri Presisi Polres Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P. T. Binti, S.I.K., pantau langsung pelaksanaan kegiatan Gerai Vaksin Polri Presisi Polres Kupang Kota dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 bertempat di Kantor PKK Prov NTT, Alamat Jl. Polisi Militer, Kel. Oebobo, Kec. Oebobo Kota Kupang. Sabtu (14/08/2021) pukul 09.00 Wita.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Polres Kupang Kota yang bekerjasama dengan petugas dari Puskesmas Pasir Panjang yang dipimpin Ibu Elis dan diikuti oleh peserta Vaksinasi yakni  Penyandang Disabilitas dari Garamin NTT (Gerakan Advokasi Transformasi Disabilitas untuk Inklusi) dengan jumlah kurang lebih sebanyak 45 (empat puluh lima) orang.

Polres Kupang Kota menyediakan Vaksin Covid-19 jenis Sinovac untuk Dosis I (satu) sebanyak 4 (empat) vial untuk penerima vaksin sebanyak 40 (empat puluh) orang, dan yang berhasil di vaksin sebanyak 39 (tiga puluh sembilan) orang dan penggunaan vial sebanyak 4 Vial.

Penerima Vaksin Covid-19 yakni para penyandang disabilitas melakukan pendaftaran dengan menunjukkan e-KTP kepada petugas pendaftaran yang dibantu oleh Polwan Polres Kupang Kota yang telah mengikuti pelatihan terhadap kaum disabilitas.

Sebelum melaksanakan vaksinasi peserta diharuskan untuk mengecek suhu tubuh dan tekanan darah oleh petugas, sehingga setelah itu dilakukan screening oleh dokter, apakah penerima vaksin layak atau tidak untuk menerima vaksin Covid-19.

Tahap selanjutnya petugas melakukan penyuntikan vaksin covid-19 kepada para penyandang disabilitas yang menerima dan setelahnya langsung dilakukan mekanisme pemantauan dan pelaporan KIPI oleh petugas vaksin selama kurang lebih 30 menit.

“Dengan diadakannya Gerai Vaksin Presisi oleh Polres Kupang Kota ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap vaksin Covid-19, sehingga penyebaran penerima vaksin akan lebih luas lagi,” ungkap Kapolres Kupang Kota. (Jy)