Penghormatan Terakhir Kepada Anggota, Kapolresta Kupang Kota Pimpin Upacara Persemayaman dan Pemakaman

Penghormatan Terakhir Kepada Anggota, Kapolresta Kupang Kota Pimpin Upacara Persemayaman dan Pemakaman

Tribratanewskupangkota.com - Sebagai bentuk penghormatan terakhir dan penghargaan dari dinas kepolisian, atas jasa dan pengabdian sebagai anggota Polri yang telah meninggal dunia, Polresta Kupang Kota melaksanakan upacara persemayaman terhadap jenasah almarhum AKP Saladin, jabatan terakhir sebagai Kepala Bagian Logistik (Kabaglog) Polresta Kupang Kota, yang berlangsung di rumah almarhum Jalan Ranamese, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota  Kupang, Rabu (20/3/2024) siang.

Selaku inspektur upacara, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, sebagai Perwira upacara Kabag Perencanaan AKP Marthinus Ardjon, S.H dan komandan upacara Kanit Samapta Polsek Maulafa IPTU Wempianus Taek.

Hadir sebagai peserta upacara, diantaranya pejabat utama dan Kapolsek jajaran Polresta Kupang Kota, perwira dan bintara Polresta Kupang Kota, serta juga dari Direktorat Samapta Polda NTT.

Hadir pula, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota Ny. Mellisa Aldinan Manurung bersama pengurus dan Bhayangkari.

 

Upacara persemayaman dimulai dengan penghormatan kepada inspektur upacara, pembacaan riwayat hidup almarhum selama mengabdi di Korps Bhayangkara, dan selanjutnya penyerahan jenasah almarhum dari keluarga kepada Kapolresta Kupang Kota, untuk dimakamkan secara dinas Kepolisian.

Selanjutnya jenasah almarhum terlebih dahulu dibawa ke masjid untuk di sholat-kan, dan kemudian dibawa ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Batukadera, Kelurahan Airmata, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang untuk dimakamkan.

 

Kapolresta Kupang Kota yang ditemui usai memimpin upacara pemakaman di TPU Batukadera mengatakan, bahwa almarhum adalah seorang perwira yang telah mengabdi dan berdedikasi tinggi kepada negara hingga akhir hidupnya.

“Upacara pemakaman secara dinas Kepolisian merupakan bentuk penghormatan terakhir dari institusi kepada almarhum, karena telah mengabdi dan memiliki dedikasi tinggi kepada negara,” ungkap Kapolresta Kupang Kota.

 

Lebih lanjut dikatakan mantan Kapolres Kupang itu, bahwa almarhum merupakan salah satu pejabat utama di Polresta Kupang Kota, dengan jabatan terakhir sebagai Kabaglog, dan meninggal dunia pada Selasa (19/3) tengah malam, karena sakit yang cukup lama diderita almarhum.

 

Pada kesempatan itu juga, Kapolresta Kupang Kota bersama Ketua Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota, dan seluruh staf serta Bhayangkari menyampaikan ucapan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada istri dan anak almarhum, atas meninggalnya AKP Saladin di usia yang ke-57 tahun.

“Atas nama Kepolisian dan Bhayangkari, kami ucapkan turut berdukacita yang mendalam atas meninggalnya almarhum. Dan kepada keluarga yang ditinggalkan, diberikan kesabaran serta keikhlasan,” ucap Kombes Aldinan Manurung, yang didampingi Ny. Mellisa Aldinan Manurung. (AN)