Pastikan Kelayakan Ranmor, Bagian Logistik Polresta Kupang Kota Periksa Randis Polri

Pastikan Kelayakan Ranmor, Bagian Logistik Polresta Kupang Kota Periksa Randis Polri

Tribratanewskupangkota.com - Bagian Logistik (Baglog) Polresta Kupang Kota melaksanakan pemeriksaan Kendaraan Dinas (Randis) Polri, yang saat ini digunakan personel Polresta Kupang Kota dalam menunjang tugas pelayanan kepada masyarakat.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pemeriksaan berkala dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan randis, guna lebih mengoptimalkan pelayanan kepada maayarakat.

 

"Pemeriksaan ini secara berkala dilakukan, untuk memastikan kesiapan fisik dari kendaraan dinas, dalam rangkaian pengamanan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang yang saat ini sudah berlangsung dan juga tugas operasional lainnya," ungkap Kapolresta, Rabu (15/5) pagi.

Lebih lanjut dikatakan Kombes Aldinan Manurung, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kondisi randis yang selalu optimal dan kesiapan ranmor, baik roda dua, roda empat, hingga roda enam yang digunakan dalam pelaksanaan tugas-tugas kepolisian.

 

Pemeriksaan yang dilakukan di Lapangan Hitam Mapolresta Kupang Kota, dilakukan oleh Bagian Logistik, Seksi Propam dan Seksi Pengawasan Polresta Kupang Kota.

 

"Kendaraan dinas yang dipercayakan untuk dipakai oleh personel, harus dijaga dan dirawat dengan baik. Setiap pemegang kendaraan diharapkan lakukan perawatan atau servis secara berkala dan rutin, agar kendaraan dinas tersebut dapat terus digunakan dalam menunjang pelaksanaan tugas," pesan mantan Kapolres Kupang ini.

 

Lebih jauh Kapolresta berpesan, pentingnya menjaga integritas kendaraan dinas, tanpa mengubah warna dan bentuk serta selalu merawatnya dengan baik.

 

"Dilarang merubah warna maupun bentuk, selalu dirawat dengan baik seperti kendaraan milik sendiri (pribadi). Pertahankan kelengkapan kendaraan dan dokumen pendukung lainnya, serta SIM, jadilah contoh yang baik bagi masyarakat," pesan Kapolresta lagi.

Harapannya, tugas-tugas kepolisian dapat lebih efisien dan efektif,  sehingga masyarakat senantiasa merasa aman dan nyaman, ujar Kapolresta Aldinan Manurung.

 

Pada kesempatan itu, lanjut Kapolresta, juga dilakukan pemeriksaan Senjata Api (Senpi) dinas Polri, terhadap pemegang senpi yang telah dinyatakan lulus uji psikology dan kejiwaan yang dilakukan secara berkala, tutup Kapolresta.

Kasubbag Bekpal Baglog Polresta Kupang Kota Akp Made Kawi yang ditemui media ini disela-sela pemeriksaan mengatakan, pemeriksaan meliputi aspek kebersihan, lampu depan dan belakang, plat nomor kendaraan, ban, sirine, rotator, dan kelengkapan kendaraan lainnya.

 

"Pemeriksaan meliputi seluruh kelengkapan standar dari kendaraan tersebut, SIM dan STNK. Penggunaan kendaraan dinas harus secara bertanggungjawab, sebagai amanah dari negara dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat," kata Akp Kawi yang biasa disapa.

 

Selain pemeriksaan randis, juga dilakukan pemeriksaan terhadap pemegang senpi dinas Polri, meliputi kebersihan dan kelengkapan dokumen, tutup Kasubbag Bekpal Baglog Polresta Kupang Kota. (AN)