Ngopi Bareng Dalam Jumat Curhat, Warga Penkase Oeleta Minta Bangun Pos Kamling

Ngopi Bareng Dalam Jumat Curhat, Warga Penkase Oeleta Minta Bangun Pos Kamling
Ngopi Bareng Dalam Jumat Curhat, Warga Penkase Oeleta Minta Bangun Pos Kamling

Tribratanewskupangkota.com – Buka ruang diskusi bersama masyarakat, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, hadir dan mendengar langsung usul saran masukan, hingga kritikan dari masyarakat, terkait permasalahan kamtibmas dan sosial kemasyarakatan lainnya yang terjadi di lingkungan tempat tinggal. Kegiatan “Jumat Curhat”, yang dikemas berupa ngobrol pinggiran atau ngopi bareng Polresta Kupang Kota, berlangsung di rumah Bapak Yose Rizal, Alamat Rt. 015 Rw. 005 Kelurahan Penkase Oeleta Kecamatan Alak Kota Kupang, Jumat (18/8/2023). Hadir dalam diskusi, diantaranya Kapolsek Alak Kompol Edy, S.H., M.H, Kasat Lantas Kompol Imanuel Zacharias, Kasat Binmas AKP Verry Polin, S.H, Kapolsek Maulafa AKP Nuriyani Trisani Ballu, S.H., M.H, Kasihumas Polresta Kupang Kota IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly, dan Lurah Penkase Oeleta Peter Nenohaifeto.

Kegiatan diskusi santai ini dilakukan untuk mendengar masukan, keluhan hingga kritikan langsung dari masyarakat, sehingga bisa dicari solusi penyelesaian agar kamtibmas yang kondusif bisa terwujud.

“Kami minta bantuan fasilitasi dalam membangun sebuah Pos Kamling untuk menjaga keamanan lingkungan kompleks perumahan Palm Hill. Kami juga minta para remaja, mungkin bisa diperhatikan dengan membuat kegiatan-kegiatan positif karena saat pulang sekolah sering kumpul-kumpul, rawan perkelahian hingga tawuran”, ungkap seorang ibu kepada Kapolresta.

Bahwa Pos Kamling sebenarnya suatu kebutuhan yang harus dibangun atau dibuat oleh setiap warga yang tinggal di dalam sebuah permukiman. “Seharusnya setiap warga harus ikut serta dalam menjaga kamtibmas dengan membuat sebuah Pos Kamling. Akan kami lakukan pemantauan dan bekerja sama dengan tokoh pemuda setempat untuk menggandeng remaja dalam kegiatan-kegiatan positif”, jelas Kombes Krisna.

Yose izal meminta polisi fasilitasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, dalam memperbaiki aspal jalan yang sudah rusak, karena sering di lewati oleh kendaraan dengan tonase berat, dan berdampak kepada warga yang melewatinya bisa menimbulkan kecelakaan, hingga terserang penyakit saluran pernafasan atau ISPA.

“Kami akan tindak lanjut dengan membangun komunikasi dengan dinas terkait untuk dapat diperbaiki sehingga kecelakaan bisa dihindari”, jawabnya Kapolresta Kupang Kota.

Salah satu Ketua Rt memberikan apresiasi kepada Bhabinkamtibmas karena selalu hadir saat warga membutuhkan. “Kami apresiasi Bhabinkamtibmas karena saat kami telepon segera dating dan membantu kami menyelesaikan suatu permaslahan”, pujinya.

Kinerja dari polisi bukan hanya cepat dalam mendatangi suatu tempat kejadian, namun harus bisa mencegah dan merawat keamanan agar tidak ada lagi laporan-laporan masyarakat, seperti penyelenggaraan pesta hingga larut malam, ujar Kapolresta lagi. (AN)