Klinik Polresta Kupang Kota Kembali Laksanakan Vaksinasi Door To Door

Klinik Polresta Kupang Kota Kembali Laksanakan Vaksinasi Door To Door

Tribratanewskupangkota.com -Dalam upaya mengejar target vaksinasi Covid-19 dosis ketiga "booster", Polresta Kupang Kota terus laksanakan vaksinasi dengan mendatangi sejumlah tempat-tempat keramaian di Kota Kupang. 

 

"Lokasi vaksinasi kali ini kami laksanakan di warung makan Kuah Asam Tenau, Alamat Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Alak, Kota Kupang", ucap Kasidokkes Polresta Kupang Kota IPTU Daud Bessie, A.md. Kep. 

 

Lanjut IPTU Daud, "harapan kami selain pelaksanaan vaksinasi yang kami selenggarakan di Kelurahan-kelurahan, pada tempat keramaian kali ini mendapat antusias dari masyarakat Kota Kupang karena setelah beristirahat makan siang bisa langsung mengikuti vaksinasi". 

 

Mark Haga Kore warga Kelurahan Nunbaun Sabu, saat di wawancarai tribrata news polresta kupang kota di sela-sela pelaksanaan vaksinasi yang menyampaikan "saya baru pertama kali mengikuti vaksinasi karena mempunyai penyakit kronis sehingga takut, namun setelah mendapat edukasi dari dokter sehingga saya yakin untuk mendapat vaksinasi Covid-19 demi kesehatan saya sendiri".

 

Masyarakat yang akan menerima vaksin Covid-19 dosis 1 diharapkan membawa fotocopy/asli KTP atau kartu keluarga (KK), sedangkan masyarakat yang menerima vaksin dosis 2 membawa fotocopy/asli KTP atau kartu vaksin/sertifikat vaksin pertama. Untuk yang akan menerima vaksin dosis booster harus sudah minimal 3 bulan setelah mendapatkan vaksin dosis lengkap (dosis 1 dan 2). 

 

Adapun alur pelayanan vaksinasi yakni peserta terlebih dahulu mengisi form identitas diri, kemudian dilakukan pengukuran suhu tubuh dan pemeriksaan tekanan darah, lalu ke meja pendaftaran untuk di periksa identitas diri melalui Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga, dilakukan screening/pemeriksaan kesehatan singkat oleh dokter, setelah dinyatakan sehat dan layak untuk menerima vaksin kemudian peserta diberikan suntikan vaksinasi dan terakhir ke meja observasi untuk pemantauan KIPI (Kejadian ikutan pasca imunisasi) dengan waktu 15-30 menit. Setelah semua tahapan selesai dan tidak mengalami KIPI kemudian peserta di perbolehkan untuk pulang. 

 

Pelayanan Vaksinasi Covid-19 oleh tim vaksinasi Polresta Kupang Kota yang terdiri dari tenaga kesehatan yakni Dokter, Perawat dan Bidan serta anggota Polri Polresta Kupang Kota dengan jumlah 13 (tiga belas) Orang, dan dipimpin oleh Kasidokkes Polresta Kupang Kota.