Kelurahan Nefonaek Jadi Langganan Vaksinasi Klinik Polresta Kupang Kota

Kelurahan Nefonaek Jadi Langganan Vaksinasi Klinik Polresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Hari Kamis tanggal 1 September 2022 mulai pukul 14.30 WITA, Klinik Polresta Kupang Kota membuka pelayanan Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di Kelurahan Nefonaek dan sekitarnya yang bertempat di rumah Ketua RW.005 Bapak Joko Santoso, Alamat Jalan Ranamese 3, RT.018 RW.005, Kelurahan Nefonaek, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. Adapun jenis vaksin yang disedikan yakni Sinovac, Pfizer dan Covovax dengan jumlah 100 dosis.

Ketua Rt. 018 Kelurahan Nefonaek Bapak Gregorius Hipir, saat diwawancarai menyampaikan ucapan limpah terima kasih karena sudah hampir 1 bulan Klinik Polresta Kupang Kota terus berjalan “door to door” untuk memberikan pelayanan vaksinasi. Tanpa lelah setiap hari kepolisian (Tim Vaksin dan Bhabinkamtibmas) terus jalan dari rumah ke rumah warga memberikan edukasi serta langsung memberikan vaksinasi bagi warga yang dinyatakan sehat dan layak untuk di vaksin.

Salah satu remaja David Edgar Piry yang di wawancara Tribrata News Polresta Kupang Kota, mengatakan bahwa saya baru vaksin pertama karena mendapat informasi dari berbagai media sosial akan efek vaksin bagi kesehatan dimana ada beberapa orang yang sakit bahkan sampai meninggal dunia, namun informasi tersebut tidaklah benar setelah saya mencari informasi dari berbagai sumber dimana efek vaksin yang baik bagi kesehatan terutama di masa pandemi Covid-19 sehingga kita semua benar-benar terbebas dari virus corona.

Lurah Nefonaek Ibu Josephina N. Ungirwalu, S.P, saya sebagai lurah mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolresta Kupang Kota karena sudah mendukung kami dalam memberikan pelayanan khususnya Vaksinasi Covid-19 kepada warga Kelurahan Nefonaek. Pada awalnya saya berpikir bahwa Bhabinkamtibmas BRIPKA Tamrin Mansur hanya melakukan pendataan saja terhadap warga yang sudah maupun belum di vaksin namun setelah tim vaksin turun door to door saya memberikan apresiasi luar biasa. Pelayanan yang diberikan juga menyesuaikan dengan waktu, dimana warga yang bekerja pada pagi sampai siang hari sehingga pada sore hari banyak warga yang ikut berpartisipasi, tutup ibu lurah.

Adapun alur pelayanan vaksinasi yakni peserta terlebih dahulu mengisi form identitas diri, kemudian dilakukan pengukuran suhu tubuh dan pemeriksaan tekanan darah, lalu ke meja pendaftaran untuk di periksa identitas diri melalui Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga, dilakukan screening/pemeriksaan kesehatan singkat oleh dokter, setelah dinyatakan sehat dan layak untuk menerima vaksin kemudian peserta diberikan suntikan vaksinasi dan terakhir ke meja observasi untuk pemantauan KIPI (Kejadian ikutan pasca imunisasi) dengan waktu 15-30 menit. Setelah semua tahapan selesai dan tidak mengalami KIPI kemudian peserta di perbolehkan untuk pulang.

Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di rumah Bapak Joko Santoso oleh tim vaksinasi yang terdiri dari tenaga kesehatan yakni Dokter, Perawat dan Bidan serta anggota Polri Polresta Kupang Kota dengan jumlah 12 (dua belas) Orang, dan yang dipimpin oleh Kasidokkes Polresta Kupang Kota IPTU Daud Bessie, A.md.Kep.