Bintibmas oleh Personel Sat Binmas Polresta Kupang Kota, Ciptakan Kamtibmas yang Kondusif

Bintibmas oleh Personel Sat Binmas Polresta Kupang Kota, Ciptakan Kamtibmas yang Kondusif

Tribratanewskupangkota.com - Dalam rangka menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, personel Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polresta Kupang Kota, melakukan Pembinaan Ketertiban Masyarakat (Bintibmas) berupa patroli dialogis, dengan sasaran para pedagang keliling di Jalan Frans Seda, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dalam keterangannya mengatakan, tugas pokok dari Sat Binmas, yakni melakukan pembinaan kepada masyarakat, dalam menjaga situasi kamtibmas ditengah-tengah masyarakat yang terus dalam keadaan kondusif.

"Tupoksi dari Sat Binmas adalah menjaga dan memelihara kamtibmas, dengan melakukan patroli dialogis hingga memberikan himbauan-himbauan," ungkap Kapolresta, Minggu (4/8/2024).

 

Selain itu, juga diberikan bantuan makanan kepada para pedagang yang ditemui, guna meringankan pengeluaran pangan di tengah kesulitan ekonomi keluarganya.

 

"Membantu pedagang yang harus mencari nafkah dengan berjualan keliling di Kota Kupang menunjukkan kepedulian dan empati kita terhadap sesama. Semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan beban mereka dan membawa berkah bagi semua pihak," kata Kombes Aldinan.

 

Kasat Binmas Polresta Kupang Kota Akp Very Polin, S.H yang dihubungi media ini menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari program Beyond Trust Presisi Tahun 2024.

 

"Kegiatan ini juga salah satu program prioritas dari Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam mendekatkan Polri dengan masyarakat," jelas Kasat Binmas.

 

Ditambahkannya lagi, patroli dialogis dengan menyasar para pedagang keliling, dengan menyampaikan himbauan kamtibmas dan ajakan peran aktif dalam menjaga lingkungan.

Selain itu, personel melakukan berdialog, dan juga memberikan nasi kotak untuk makan siang kepada beberapa orang pedagang keliling yang ditemui.

 

"Hal tersebut merupakan gerakan kepedulian terhadap sesama yang dilaksanakan Sat Binmas Polresta Kupang Kota, dengan harapan bisa sedikit membantu masyarakat yang membutuhkan dan juga meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat kepada Polri," tandas Akp Very yang akrab disapa. (AN)