Kapolresta Kupang Kota Ikut Sambut Kedatangan Peserta Latma Pitch Black di Lanud El Tari

Kapolresta Kupang Kota Ikut Sambut Kedatangan Peserta Latma Pitch Black di Lanud El Tari

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si ikut dalam penyambutan kedatangan peserta Latihan Bersama (Latma) Pitch Black 2024, di Apron Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU El Tari Kupang, pada Sabtu (3/8/2024) pagi. 

Penyambutan kedatangan para pilot dan awak pesawat tempur F-16 Fighting Falcon ini, langsung dilakukan oleh Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsda TNI Dr. Budhi Achmadi, M.Sc bersama Komandan Lanud (Danlanud) El Tari Kupang Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, S.E., M.M, Pejabat utama Koopsud II, Irwasda Polda NTT Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H, serta pejabat utama Lanud El Tari Kupang. 

 

Pangkoops II Makassar ini saat diwawancarai beberapa awak media setelah acara penyambutan mengatakan, Latma Pitch Black 2024 telah berlangsung sejak tanggal 12 Juli 2024 sampai dengan 3 Agustus 2024. 

"Bahwa kedatangan pesawat F-16 dari skuadron 14 dan skuadron 3 ini, dalam rangka latihan udara bersama dengan skala besar di Australia, yang telah dilaksanakan selama 3 minggu atau 21 hari," kata Pangkoops II dengan didampingi Danlanud El Tari dan pejabat Koops II, serta Irwasda Polda NTT. 

 

Dikatakannya lagi, peserta latma adalah seluruh operator pesawat tempur dari 40 negara di dunia, yang disponsori Australia, di tambah negara server. 

"Hal ini sangat berguna dalam melatih kemampuan penerbangan, sehingga kemampuan dari personel TNI AU semakin bertambah, dengan adanya latma bersama ini," ungkap dia lagi. 

 

Lebih jauh dijelaskan, TNI AU bisa belajar dari negara lain, untuk operasikan pesawat tempur dengan cara yang lain. Dan dengan tujuan untuk tingkatkan kerjasama serta kesiapan operasional Angkatan Udara. 

Selain itu, pada kesempatan ini juga, sengaja diundang pejabat Forkopimda dan siswa-siswi sekolah, sehingga semakin banyak generasi muda dari NTT, yang berminat untuk ikut sebagai penerbang (TNI AU), karena kita sudah mempunyai alutsista yang canggih. 

 

"Ke depan kita akan kembangkan Lanud El Tari semakin lebih besar, namun masih disesuaikan dengan anggaran yang ada, dan dalam jangka panjang akan dibuat skuadron sendiri di Provinsi NTT," tandas Marsda Budhi Achmadi. 

Danlanud El Tari Kupang pada kesempatan itu juga mengatakan, Lanud El Tari memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat dari dekat pesawat yang dimiliki oleh TNI AU, salah satunya adalah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon. 

 

"Dengan mengundang siswa-siswi dari sekolah-sekolah di sekitar Lanud El Tari dan juga masyarakat umum, agar dapat mendekatkan mereka dengan anggota TNI AU (Pilot) dan juga memperkenalkan alutsista canggih yang dimiliki TNI AU, serta semakin mempererat hubungan antara Lanud El Tari dan masyarakat," ucap Danlanud El Tari 

Selain itu, ada juga ada juga lomba mewarnai dan menggambar yang telah digelar, mereka (siswa-siswi) dapat melihat dan kemudian mengekspresikan ke dalam media gambar yang ada. 

 

Seorang perwira menengah yang juga pilot pesawat tempur F-16 lalu menambahkan, setidaknya ada 40 negara, dengan 140 pesawat tempur yang bergabung dalam latma Pitch Black. 

"Latma Pitch Black kali ini, merupakan yang terbesar, dengan peserta dari Benua Asia, Amerika dan juga Eropa," sebut pilot berpangkat Letkol ini. 

 

Dengan ilmu yang diambil, sambungnya, kita bisa tahu posisi kita di TNI AU, sebagai bahan introspeksi, agar semakin maju dan berkembang, tutup dia. 

Setelah acara penyambutan, siswa-siswi dan masyarakat yang telah antusias menunggu kedatangan pesawat tempur F-16 dari Australia ini, kemudian dipersilahkan masuk ke apron, untuk lebih dekat dengan pesawat, pilot dan para awak. (AN)