Kegiatan Sosialisai oleh Kapolsek Oebobo dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa SMA Kristen Mercusuar Kupang.

Kegiatan Sosialisai oleh Kapolsek Oebobo dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa SMA Kristen Mercusuar Kupang.

Tribratanewskupangkota.com - Pada hari Jumat tanggal 22 Juli 2022 pukul 08.40 Wita bertempat di Lantai 5 Aula SMA Kristen Mercusuar Kupang, Jln. Herewila, Rt. 01 / Rw. 01, Kel. Naikoten II, Kec. Kota Raja Kota Kupang, telah berlangsung Kegiatan Sosialisasi oleh Kapolsek Oebobo dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa/I baru T.A 2022/2023 SMA Kristen Mercusuar Kupang dengan Materi "Tata Tertib Hidup Bermasyarakat dan Kenakalan Remaja" yang dibawakan oleh Bapak Kapolsek Oebobo Kompol Joni F.M Sihombing, S.E, M.M, S.I.K didampingi Panit Binmas Polsek Oebobo, Bhabinkamtibmas Kel. Naikoten II, Wakil Kepala Sekolah an. Ibu Aryani Manusia serta diikuti oleh Peserta MPLS berjumlah 80 Orang.

Kegiatan terlebih dahulu dibuka oleh Wakasek SMA Kristen Mercusuar Kupang, Selanjutnya Kapolsek Oebobo membawakan Materi Terkait Tata Tertib Hidup Bermasyarakat dan Kenakalan Remaja serta Disiplin Berlalu Lintas kepada Siswa/I baru sebagai Pemahaman awal berupa :

  • Masalah yang di hadapi Remaja Masa Kini
  • Bentuk-bentuk Kenakalan Remaja
  • Jenis-jenis Kenakalan Remaja
  • Faktor-faktor terjadinya Kenakalan Remaja
  • Gejala yang Memperlihatkan hal-hal yang mengarah pada Kenakalan Remaja
  • Solusi Menangani Masalah Yang Terjadi Pada Remaja.
  • Penting Mengetahui Bahaya terhadap Seksualitas apabila salah digunakan dalam masa Sekolah.

Adapun bentuk materi yang diberikan adalah kenakalan remaja merupakan suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat yang dikakukan pada usia remaja atau transisi masa anak – anak kedewasa. Kenakalan menjadi salah satu masalah yang harus ditangani dengan serius. Karena usia remaja merupakan masa bagi seseorang untuk mencari jati diri dan gampang terpengaruh dengan dinamika, untuk itu peran serta para orang tua dalam lingkungan keluarga dan sekitarnya sangat berpengaruh dalam membentuk pribadi yang baik.

 

Pukul 10.15 Wita Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Siswa berkahir dalam keadaan aman dan tertib.

 

Sebagai catatan  tambahan bahwa kegiatan MPLS adalah kegiatan awal untuk saling mengenal, menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi seluruh warga sekolah / para peserta didik, selain itu menjadi sarana bagi siswa untuk secara positif mengenal profil lingkungan sekolah berupa program dan peraturan serta budaya sekolah agar kegiatan belajar dan mengajar dapat berjalan baik.

Selain itu penting untuk siswa mengetahui seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya, serta menanamkan berbagai wawasan dasar siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

 

Adapun Tujuan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah antara lain :

  • Mengenali potensi diri siswa baru.
  • Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
  • Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.
  • Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.
  • Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

 

Dengan Kegiatan Tersebut diharapkan Siswa/i baru yang akan menempuh ilmu pendidikan di SMA Kristen Mercusuar Kupang dapat mengaplikasikan apa yang telah di peroleh sebagai bekal Pengetahuan dalam Kehidupan bermasyarakat dan sekitarnya.