Asistensi Pilkada dan Pemenuhan Personel, Karo SDM Polda NTT Datangi Mapolresta Kupang Kota

Asistensi Pilkada dan Pemenuhan Personel, Karo SDM Polda NTT Datangi Mapolresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda NTT Kombes Pol. Satria Yusada, S.I.K., M.Si mendatangi Markas Komando Polresta Kupang Kota, pada Senin (13/5) pagi, guna melakukan asistensi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) dan upaya-upaya dalam menyukseskan Pilkada serentak pada November 2024 mendatang, dan juga penggunaan personel yang tepat sasaran.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si kemudian memaparkan Daftar Susunan Personel Polri (DSPP) dan kondisi reel personel Polresta Kupang Kota, letak geografis dan demografi Kota Kupang, di hadapan Karo SDM Polda NTT.

Tampak hadir pula para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasie, Kanit dan perwira di lingkungan Polresta Kupang Kota serta Polsek jajaran.

 

Kemudian Karo SDM Polda NTT pada kesempatan itu, menerangkan terkait jumlah reel personel Polda NTT sebanyak kurang lebih 11.400.000, dari jumlah kurang lebih 22.000.000 personel sesuai DSP Polri, yang terbagi dalam 21 Polres dan Polda NTT.

“Dalam mempersiapkan pemenuhan personel menjelang Pilkada, dan terkait penggunaan kekuatan dari personel Polresta Kupang Kota, sekiranya dapat dimaksimalkan karena personel Polda NTT pun secara keseluruhan juga mengalami banyak sekali kekurangan,” ungkap Karo SDM Polda NTT.

 

Lebih lanjut dikatakan, namun hal itu bukan menjadi suatu persoalan dalam melayani masyarakat.

“Personel yang ada kiranya dapat diberdayakan, sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu, dan tentunya kamtibmas selalu dalam keadaan kondusif, dan penggunaan Bhabinkamtibmas secara efektif dan efisien karena tugas dari Bhabinkamtibmas mencakup seluruh bidang tugas kepolisian, kecuali penegakan hukum” jelas Karo SDM Polda NTT lagi.

 

Lebih jauh diterangkan, strateginya dengan melihat letak wilayah geografis dan demografinya, penanganan permasalahan (tindak pidana) dalam kurun waktu 1 bulan, dan jenis kasus yang dilaporkan oleh masyarakat, dari situ bisa dihitung atau digunakan personel secara maksimal berdasarkan kualitas bukan hanya kuantitas.

Reward and Punishment terus diberikan, sehingga personel juga semakin banyak yang berlomba-lomba untuk bertugas dengan baik dalam melayani masyarakat.

 

Reward and Punishment yang sudah berjalan terus dilanjutkan, dan kolaborasi atau saling mendukung terus ditingkatkan, demi pelayanan yang semakin baik lagi kepada masyarakat,” pesan Kombes Satria.

 

Pada kesempatan itu juga, Karo SDM Polda NTT memberikan apresiasi kepada Kapolresta Kupang Kota dan jajaran, karena kinerja baik yang sudah dilakukan, yakni seluruh bagian dan satuan, serta Polsek jajaran, saling bekerjasama sama melayani masyarakat dalam kegiatan pengaturan lalu lintas di jalan.

 

“Apresiasi kepada Kapolresta Kupang Kota dan jajaran, karena anggotanya sudah menempati pos-pos yang ada, dan dalam pengaturan lalu lintas di jalan raya, tidak hanya dilakukan oleh anggota satuan lalu lintas, namun juga oleh seluruh personel Polresta Kupang Kota,” puji orang nomor satu di Biro SDM Polda NTT itu. (AN)