Anggota Polresta Kupang Kota Siaga, Adanya Unras di Mako

Anggota Polresta Kupang Kota Siaga, Adanya Unras di Mako

Tribratanewskupangkota.com - Kepolisian Resor Kota Kupang Kota melakukan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) penanganan aksi Unjuk Rasa (Unras). Simulasi dilaksanakan dalam rangka persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang.

Dan pada simulasi dalam penanganan situasi yang anarkis tersebut, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, turut ambil bagian sebagai peserta unras, yang digelar di lapangan hitam, Mako (Markas Komando) Polresta Kupang Kota, Senin (9/10).

Kepala Seksi Humas Polresta Kupang Kota IPDA Frangky Lapuisaly menjelaskan, bahwa pada hari ini mulai dilaksanakan simulasi Sispamkota, menghadapi Pemilu Tahun 2024, di wilayah hukum Polresta Kupang Kota.

"Hari ini (6/10), dan akan dilakukan setiap 2 hari sekali, simulasi Sispamkota, dalam menghadapi proses Pemilu 2024, khususnya di wilayah Kota Kupang", jelas IPDA Frangky.

Dia melanjutkan, pada simulasi kali ini, sebagai pengunjuk rasa adalah seluruh perwira dan Kapolresta Kupang Kota sendiri.

"Kapolresta Kombes Krisna dan para perwira yang ikut sebagai pengunjuk rasa, untuk memberi semangat kepada anggota agar semakin mahir dan terampil dalam menghadapi pengunjuk rasa yang sebenarnya", jelasnya lagi.

Kasihumas menceritakan, bahwa dalam simulasi tersebut, 1 peleton Polisi Wanita (Polwan) diterjunkan sebagai tim negosiator, namun situasi Unras semakin memanas, sehingga diturunkan 1 peleton Dalmas awal, dimana tanpa menggunakan alat, atau dengan kendali tangan kosong.

Kemudian, dilanjutkannya, situasi terus memanas, hingga mulai adanya aksi saling dorong dan pembakaran ban, maka 1 peleton dalmas lanjutan lengkap dengan peralatan diturunkan.

Selanjutnya, situasi berhasil dikendalikan, dengan diamankannya beberapa provokator oleh tim Penegakan Hukum (Gakkum), Subnit Jatanras, Satuan Reskrim Polresta Kupang Kota, pungkas Kasihumas. (AN)