Gaktiblin Anggota Polresta Kupang Kota, Kasipropam Temukan Pelanggaran Disiplin

Gaktiblin Anggota Polresta Kupang Kota, Kasipropam Temukan Pelanggaran Disiplin

Tribratanewskupangkota.com – Kepala Seksi Profesi dan Pengamanan (Kasipropam) Polresta Kupang Kota IPDA Muhammad Iqbal, melakukan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) terhadap seluruh anggota Polresta Kupang Kota, Rabu (27/9/2023) setelah pelaksanaan apel pagi.

Gaktiblin yang rutin dilakukan, dalam rangka mendapatkan anggota Polri, khususnya Polresta Kupang Kota yang tertib dan disiplin dalam penampilan atau sikap tampang, dan administrasi kendaraan maupun diri.

Kasihumas Polresta Kupang Kota IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly yang ditemui media ini mengatakan, pemeriksaan oleh Seksi Propam rutin dilakukan setiap minggu, untuk menjadikan anggota Polri selalu tertib dan terus meningkatkan disiplin kerja.

“Pelaksanaan gaktiblin oleh Propam sudah rutin digelar, agar setiap anggota terlebih dahulu tertib administrasi surat diri maupun kendaraan, sebelum melakukan penertiban kepada masyarakat. Apabila polisinya sudah tertib, maka bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat”, ujar IPDA Frengky yang biasa disapa.

Selain itu, perwira dengan pangkat balok satu di pundak itu melanjutkan, pemeriksaan juga terhadap penampilan perorangan.

“Dalam peraturan Kepolisian, sudah diatur terkait penampilan, seperti potongan rambut, kumis, janggut, serta ketentuan berpakaian dinas Polri. Pada kesempatan ini, Propam kembali mengingatkan agar seluruh anggota tetap menjaga sikap dan penampilan yang telah diatur dalam peraturan Kapolri tersebut.

Pantauan media ini, anggota yang melanggar disiplin langsung diberikan hukuman disiplin agar menimbulkan efek jera.

“Setelah diperiksa Propam yang dibantu oleh pejabat utama dan perwira Polresta Kupang Kota, apabila ditemukan ketidaksesuaian dalam penampilan dan adminitrasi kendaraan, seperti SIM dan STNK yang telah kadaluarsa, Propam langsung berikan hukuman disiplin berupa Push Up. Harapannya, bisa menjadi efek jera, dan mendapatkan anggota Polri yang berdisplin tinggi, tertib, sehingga menjadi lebih humanis”, pungkas Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasihumas). (AN)