Simulasi Sispamkota, Seluruh Personel Diminta Persiapkan Diri Dengan Baik

Simulasi Sispamkota, Seluruh Personel Diminta Persiapkan Diri Dengan Baik

Tribratanewskupangkota.com – Pelaksanaan apel pagi dimulai dengan pengecekan kehadiran personel Polresta Kupang Kota dan Polsek jajaran, yang dilakukan oleh Kasat Samapta Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M, di lapangan hitam Mako Polresta Kupang Kota, Senin (16/10).

Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, yang mengingatkan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan Operasi Mantap Brata, pengamanan Pemilu Tahun 2024.

“Sebentar lagi akan dilaksanakan Operasi Mantap Brata Tahun 2023, dengan melakukan pengamanan proses pentahapan Pemilu Tahun 2023 hingga Tahun 2024 mendatang,” jelas mantan Kapolres Kupang itu.

Ditambahkannya, seluruh personel harus mempersiapkan kesehatan fisik dan mental dalam mengamankan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

Dan, sore ini (jam 15.00 Wita), akan dilaksanakan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Polresta Kupang Kota.

"Setiap anggota agar ketahui betul perannya, sehingga dalam pelaksanaan berjalan sesuai skenario yang dibuat, dan seluruh anggota sudah mampu menghadapi situasi atau peristiwa yang sesungguhnya nanti”, pungkas AKBP Aldinan.

 

Selanjutnya, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.h, dalam pada kesempatan tersebut, kembali menegaskan terkait simulasi Sispamkota oleh Polresta Kupang Kota.

“Sore nanti, kita akan melaksanakan simulasi Sispamkota, pahami betul perannya masing-masing, agar berjalan sesuai skenario yang telah dibuat”, ujar orang nomor satu di Polresta Kupang Kota.

Mantan kabidhumas Polda NTT tersebut menekankan, simulasi ini untuk melatih anggota dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi selama proses Pemilu.

“Simulasi Sispamkota adalah latihan atau simulasi, untuk menguji kesiapan polisi dalam menghadapi situasi darurat atau peristiwa yang mungkin terjadi dalam kota. Dengan melakukan simulasi ini, dapat memastikan bahwa anggota polisi memahami perannya dan dapat menghadapi situasi yang sebenarnya dengan baik”, tandasnya.

Dalam konteks ini, peran anggota kepolisian sangat penting, dan mereka diharapkan memahami tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik.

Seperti diketahui, ini adalah langkah yang penting dalam memastikan bahwa aparat keamanan siap untuk mengamankan Pemilu serentak, dan menjaga keamanan selama proses tersebut. Dengan melakukan simulasi, mereka dapat mengidentifikasi potensi masalah dan mempersiapkan solusi untuk mengatasi situasi yang mungkin muncul selama Pemilu berlangsung. (AN)