Latihan Pra Operasi Lilin Turangga 2022 Polresta Kupang Kota Dibuka

Latihan Pra Operasi Lilin Turangga 2022 Polresta Kupang Kota Dibuka

Tribratanewskupangkota.com- Latihan pra operasi lilin turangga 2022 polresta kupang kota dibuka oleh Kabagops Polresta Kupang Kota Kompol Joni sihombing di aula bijaksana Polresta kupang kota. 

Latihan Pra operasi yang akan berlangsung selama 3 hari yang dimulai dari hari senin tanggal 19 Desember 2022 sampai hari rabu tanggal 21 Desember 2022 ini akan dilaksanakan secara teori dan praktek. 

Dalam sambutannya Kabagops mengatakan bahwa latihan pra operasi ini dilaksanakan mengawali operasi lilin turangga 2022 yang akan dilaksanakan tanggal 22 Desember 2022 sampai dengan tanggal 3 Januari 2023 nanti dan kegiatan ini berlangsung secara teori dan praktek dengan tujuan agar masing masing anggota paham tentang tupoksinya. 

Kaur bin ops satuan Binmas Ipda Teguh dalam paparannya mngatasnamakan Kasat Binmas mengatakan menjelang nataru satuan binmas sudah punya strategi yakni Preventif Preemtif dan Preventif Rehabilitasi dengan pola Pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat, Pembinaan Kepolisian Khusus, Pembinaan Pengamanan swakarsa, Pembinaan kerjasamakerjasama dan Pembinaan Polisi Masyarakat. 

Kaur bin ops satuan samapta Polresta Kupang Kota Iptu Sangaria dalam paparannya atas nama Kasat Samapta mengatakan berdasarkan Perkap no 2 tahun  2022 pasal 55 ayat 2 mengisyaratkan tugas dan fungsi Satuan Samapta adalah Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, Patroli, TPTKP, Tipiring, Obyek Vital dan Pengendalian massa dengan sasaran Tempat Ibadah, Pertokoan dan pusat perbelanjaan, Tempat Hiburan, Tempat Wisata, Perumahan serta kegiatan masyarakat yang melibatkan banyak massa. 

Anggota intel polresta kupang kota Bripka Romi saat memberi paparan atas ama Kasat Intel mengatakan bahwa jumlah gereja yang ada di kota Kupang berjumlah 339 gereja meliputi 318 gereja Protestan dan 21 gereja Katholik dengan jumlah jemaat sekitar 445.975 jemaatjemaat dan sasaran yang di tuju adalah Orang, Tempat dan BendaBenda dengan potensi kerawanan yakni pelanggaran prokes, penodaan agama, ancaman teror bom, kemacetan dan pelanggaran lalulintas, peningkatan tindak pidana, konsumsi mirasmiras dan kebakaran akibat kembang api. 

Kasat Lantas yang diwakili oleh Kaur binops sat lantas Ipda Valen Beribe dalam paparannya mengatakanpada saat terjadinya penumpukan kendaraan maka kami akan laksanakan  rekayasa lalulintas dengan mengalihkan arus lalulintas ke jalan yang sudah ditentukan serta menempatkan anggota pada simpul simpul jalan. 

Kasat reskrim AKP Yohanes Suhardi dalam paparannya saat latpraops mengatakan bahwa satuan reskrim telah siap untuk melakukan tugas saat operasi lilin ini. Kegiatan kami lebih kepada penanganan kasus dalam penegakan hukum. 

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 wita ini berkahir pukul 13.00 wita dan akan dilanjutkan pada hari selasa 20 Desember 2022.