Polwan Polresta Kupang Kota Ikut Dalam Latihan Pengendalian Massa

Polwan Polresta Kupang Kota Ikut Dalam Latihan Pengendalian Massa

Tribratanewskupangkota.com - Guna mendapatkan anggota Polri yang semakin profesional, dalam mengamankan Unjuk Rasa (Unras), baik yang bersifat damai maupun anarkis, latihan Pengendalian Massa (Dalmas) terus dilakukan oleh seluruh anggota Polresta Kupang Kota.

Pada latihan kali ini, dengan melibatkan anggota Polisi Wanita (Polwan) Polresta Kupang Kota dan Polsek jajaran.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasihumas) Polresta Kupang Kota IPDA Frangky Lapuisaly, dalam keterangannya kepada tribratanewskupangkota.com. "Latihan hari ini, Sabtu (7/10), melibatkan anggota Polwan, karena saat menghadapi pengunjuk rasa, Polwan pun akan dilibatkan dalam pengamanan", ungkapnya.

Dia melanjutkan, latihan dalmas ini untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, guna mengendalikan massa nantinya saat berunjuk rasa, baik unras damai maupun anarkis, tambah IPDA Frangky.

Latihan yang dipimpin Kepala Satuan (Kasat) Samapta Polresta Kupang Kota Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M, tentang sikap-sikap dasar dan formasi dalmas.

Sikap itu, diantaranya sikap siap, sempura, pokok, dan siaga. Sedangkan formasi yang dilatihkan pada kesempatan itu, yakni formasi paruh lembing.

"Sikap dasar dan formasi yang dilatihkan oleh Kasat Samapta, yang juga mantan Kabag SDM Polresta Kupang Kota tersebut, untuk kembali mengingatkan anggota akan pengetahuan dalmas", kata Kasihumas.

Dia menegaskan, seluruh anggota sudah mengetahuinya, namun karena selama ini melaksanakan tugas bukan pada fungsi Samapta, sehingga harus dilatihkan kembali.

Lebih lanjut dijelaskan, latihan ini dalam rangka mempersiapkan anggota dalam menghadapi segala bentuk potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, dan persiapan menghadapi Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Terpantau oleh media ini, anggota Polisi Laki-laki (Polki) dan Polwan berbaur menjadi satu kompi dalmas, dan dilatihkan teknik dan taktik dasar dan formasi dalam mengendalikan massa. (AN)