Masuk Masa Purna Bhakti, Kasat Lantas  Kompol Imanuel Serahkan Jabatan Kepada Kapolresta Kupang Kota

Masuk Masa Purna Bhakti, Kasat Lantas  Kompol Imanuel Serahkan Jabatan Kepada Kapolresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Polresta Kupang Kota melangsungkan upacara penyerahan jabatan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) yang telah memasuki masa purna bhakti. 

Upacara yang berlangsung di Aula Bijaksana Polresta Kupang Kota, pada Kamis (29/2), dipimpin oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dan dihadiri oleh para pejabat utama, Kapolsek jajaran dan Kepala Seksi serta Kepala Unit di lingkungan Polresta Kupang Kota. 

Tampak hadir pula, Ketua Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota Ny. Mellisa Aldinan Manurung bersama pengurus. 

 

Dalam upacara, dilakukan penanggalan tanda jabatan dan penandatanganan berita acara penyerahan jabatan dari Kasat Lantas Polresta Kupang Kota Kompol Imanuel Zacharias kepada Kapolresta Kupang Kota, dimana Kasat Lantas yang akan mengakhiri tugas atau purna bhakti Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 Maret 2024. 

"Prosesi penanggalan tanda jabatan dan penandatanganan berita acara penyerahan jabatan, karena Kasat Lantas Kompol Imanuel Zacharias telah memasuki masa pensiun TMT 1 Maret 2024 besok," kata Kapolresta Kupang Kota dalam membaca amanatnya. 

 

Lanjut Kapolresta Kombes Aldinan Manurung, masa purna bhakti sebagai bentuk perubahan dari kita sebagai anggota Polri menjadi masyarakat biasa. 

 

Purna bhakti bukan berarti masa pengabdian seseorang telah selesai, akan tetapi awal mula suatu pengabdian seorang abdi masyarakat dalam bentuk dan lingkungan yang berbeda. 

 

"Purna bhakti bukanlah akhir dari perjalanan kehidupan, melainkan masa dimana berhenti sejenak dari rutinitas pekerjaan di kantor, untuk memasuki tahapan tujuan kehidupan yang lebih hakiki," ujar Kapolresta. 

Lebih lanjut dikatakan, demi optimalisasi tugas yang menjadi target kita bersama, dimana Polri dituntut untuk menjadi pelindung, pengayom dan pelindung masyarakat, tentunya kita merupakan ikon penting dalam mewujudkan Kamtibmas di Kota Kupang, walaupun pada situasi sekarang belum ada pejabat defenitif untuk jabatan Kasat Lantas, akan tetapi bentuk pelayanan terbaik tetap kita tunjukkan, sehingga keberhasilan dan pencapaian kinerja tetap kita pertahankan, bila perlu kita tingkatkan untuk terus berbenah diri, untuk menunjukkan karakter kita sebagai "BETA Polresta" (Beriman, Empati, Tauladan, Amanah) bagi masyarakat di Kota Kupang.

 

Pada kesempatan itu juga, secara pribadi dan selaku Kapolresta serta keluarga besar Polresta Kupang Kota mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi yang diberikan dalam menjankan tugas dan amanah sebagai Kasat Lantas Polresta Kupang Kota. 

 

"Secara pribadi, dan selaku Kapolresta serta atas nama keluarga besar Polresta Kupang Kota, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Kompol Imanuel Zacharias atas pengabdian dan dedikasi dalam melaksanakan tugas selama ini, secara khusus sebagai Kasat Lantas, dimana banyak hal positif yang telah dilakukan demi kemajuan Polresta Kupang Kota ini" ucap Kombes Aldinan Manurung. 

Tak lupa pula Kapolresta Kupang Kota mengucapkan, terima kasih kepada istri dari Kompol Imanuel Zacharias yang selama ini telah mendukung dalam menjalankan tugas. 

 

Untuk diketahui, Kompol Imanuel Zacharias telah berdinas di organisasi Polri selama 34 Tahun atau sejak Tahun 1986 dengan mulai pangkat Sersan Dua (Bintara), dan sejak Tahun 1996 menjalankan tugas sebagai Polisi Lalu Lintas hingga pensiun atau purna bhakti. 

 

Selain itu, perwira menengah yang melanjutkan pendidikan pengembangan melalui jalur Sekolah Calon Perwira (Secapa) itu, telah menjalankan tugas sebagai Kasat Lantas Polresta Kupang Kota selama 1 tahun 3 bulan dan 7 hari. (AN)