Polsubsektor Pelabuhan Tenau Kupang, Amankan Arus Mudik Gratis Menuju Pulau Rote

Polsubsektor Pelabuhan Tenau Kupang, Amankan Arus Mudik Gratis Menuju Pulau Rote

Tribratanewskupangkota.com – Polresta Kupang Kota melalui personel Kepolisian Sub Sektor (Polsubsektor) Pelabuhan Laut Tenau Kupang, yang dipimpin oleh Kepala Polsubsektor Ipda Teguh Imam Santoso, melakukan pengamanan terhadap arus mudik gratis penumpang, menuju Pelabuhan Papela di Kabupaten Rote Ndao, Provinsi NTT, Senin (8/4) pagi.

 

Tampak hadir pula, Kapolsek Alak Akp Marselus Yugo Amboro, S.I.K yang melakukan pemantauan langsung di Dermaga Helong, Pelabuhan Tenau Kupang.

 

Mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dalam rangka membantu masyarakat yang akan kembali ke kampung halaman merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang dihubungi tribratanewskupangkota.com melalui Kapolsubsektor Pelabuhan Tenau mengatakan, personel piket Polsubsektor Tenau, bersama piket posko terpadu, yang terdiri dari personel dari KSOP Kelas III Kupang, Dishub Provinsi NTT, Dishub Kota Kupang, Navigasi Kelas II Kupang, Polairud Polda NTT, Kantor Kesehatan Pelabuhan, BKO Lantamal VII Kupang, Babinsa Koramil Alak dan Basarnas Kupang, melakukan pengamanan dan pengawasan arus mudik gratis penumpang menuju Kabupaten Rote Ndao.

 

“Personel piket Polsubsektor Tenau, bersama otoritas pelabuhan dan instansi terkait, masing-masing 2 personel, melakukan pengamanan di area pelabuhan, dalam rangka mudik gratis oleh Kementerian Perhubungan, dengan menggunakan KMP Express Bahari 8E,” jelas Kapolsubsektor.

 

Hal ini dilakukan, agar masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman atau liburan, bisa merasa aman dan nyaman dengan kehadiran aparat keamanan yang melakukan pengamanan dan pelayanan kepada para penumpang.

 

Lebih lanjut dikatakannya, menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi di Pelabuhan Tenau Kupang, mulai menunjukkan adanya peningkatan penumpang dan kendaraan yang datang maupun berangkat dari Kota Kupang.

 

“H-4 hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, arus penumpang, barang maupun kendaraan dari dan ke Kota Kupang mulai adanya peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah penumpang yang mencapai ribuan orang dan ratusan kendaraan yang melakukan penyeberangan,” ungkap Kapolsubsektor Tenau.

Dengan adanya peningkatan penumpang tersebut, dikatakannya lagi, pengamanan oleh personel Polsubsektor Pelabuhan Tenau bersama instansi terkait lebih diperketat, termasuk memberikan himbauan kepada para penumpang untuk memperhatikan barang bawaan dengan teliti dan tidak menggunakan jasa calo atau portir ilegal di pelabuhan.

 

“Selain lakukan pengamanan, kami juga berikan himbauan kepada para penumpang untuk tidak menggunakan jasa calo atau portir liar, apabila diketahui adanya calo atau portir liar di pelabuhan, maka akan kami amankan dan diproses sesuai hukum yang berlaku,” tegas Ipda Teguh.

 

Pesan Kapolsubsektor Pelabuhan Tenau Kupang kepada masyarakat yang membutuhkan informasi atau bantuan, bisa langsung segera menghubungi piket Polsubsektor yang berada di pintu masuk pelabuhan atau posko terpadu di dalam area pelabuhan, yang bersiaga selama 1x24 jam untuk memberikan pengamaan dan pelayanan kepada masyarakat, tandas dia. (AN)