Polresta Siagakan Personel Pengamanan Malam Takbiran di Kota Kupang

Polresta Siagakan Personel Pengamanan Malam Takbiran di Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com - Polresta Kupang Kota bersama BKO Polda NTT dan instansi terkait, menggelar apel gelar pasukan, dalam rangka pengamanan malam takbiran Idul Fitri 1445 Hijriah di Kota Kupang. 

Apel yang berlangsung di Lapangan Apel Mako Polresta Kupang Kota, Selasa (9/4) sore, dipimpin oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dan diikuti peserta apel, yang terdiri dari Pejabat utama Polresta Kupang Kota, personel gabungan Detasemen POM TNI, Satuan Brimobda Polda NTT, BKO Polda NTT, personel Polresta Kupang Kota, Basarnas Kota Kupang, dan Saka Bhayangkara. 

 

Pada kesempatan itu, Kapolresta Kupang Kota menyampaikan, bahwa Idul Fitri merupakan momen penting, hari raya bagi umat Islam. Personel yang terlibat pengamanan pawai takbir keliling dan sholat ied, agar bekerja dengan baik dan bertanggungjawab, sehingga masyarakat bisa merayakan kemenangan setelah berpuasa selama 1 bulan dengan aman dan nyaman. 

"Ini merupakan moment yang luar biasa dan istimewa, terutama bagi masyarakat Kota Kupang maupun bagi seluruh personel Polri yang akan merayakan hari raya idul fitri. Bagi personel yang telah ditempatkan atau diploting pada penggal-penggal jalan yang akan dilalui peserta pawai, agar dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan baik, dan apabila terjadi hal-hal yang mengganggu jalannya kegiatan maka personel pengamanan pada lokasi tersebut harus sigap dan tanggap," ujar Kapolresta. 

 

Selain pawai takbir keliling, umat islam akan menjalankan sholat ied hari Idul Fitri. Pastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dapat terwujud, sehingga masyarakat dapat mengikuti sholat dengan khusuk tanpa gangguan, tandas Kombes Aldinan Manurung. 

 

Kasihumas Polresta Kupang Kota Ipda Florensi Ibrahim Lapuisaly yang ditemui media ini mengatakan, apel gelar pasukan merupakan pengecekan akhir kesiapan personel pengamanan operasi ketupat. 

 

"Bahwa apel gelar pasukan yang telah dilaksanakan, merupakan bentuk pengecekan terakhir kesiapsiagaan Polri, sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI/Polri dan stakeholder lain, dalam rangka mengamankan berbagai bentuk kegiatan masyarakat, khususnya dalam rangka menyongsong hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Kota Kupang," jelas Kasihumas. 

Dikatakannya lagi, selain pawai takbir keliling di darat "Kupang Bertakbir", akan dilangsungkan juga pawai takbiran laut dengan titik start dari Pelabuhan rakyat Nunbaun Sabu, dan finish di Pantai Kelapa Lima, yang diselenggarakan oleh Serikat Nelayan Nahdatul Ulama Provinsi NTT. 

 

"Seluruh kegiatan masyarakat, khususnya malam takbiran akan dilakukan pengamanan secara ketat oleh personel gabungan dari Polda NTT, Polresta Kupang Kota, TNI dan instansi terkait, guna memberikan rasa aman bagi warga yang merayakan," pungkas Ipda Franky yang biasa disapa. (AN)