PJU Polresta Kupang Kota Cek Pos Pengamanan, Pelayanan dan Posko Terpadu Operasi Ketupat Turangga 2024

PJU Polresta Kupang Kota Cek Pos Pengamanan, Pelayanan dan Posko Terpadu Operasi Ketupat Turangga 2024
PJU Polresta Kupang Kota Cek Pos Pengamanan, Pelayanan dan Posko Terpadu Operasi Ketupat Turangga 2024
PJU Polresta Kupang Kota Cek Pos Pengamanan, Pelayanan dan Posko Terpadu Operasi Ketupat Turangga 2024

Tribratanewskupangkota.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi, Pejabat Utama (PJU) Polresta Kupang Kota melakukan pengecekan personel yang melaksanakan tugas pengamanan dan pelayanan, pada Pos Pengamanan (Pos Pam), Pos Pelayanan (Pos Yan) dan Posko Terpadu di Kota Kupang, Selasa (9/4) pagi. 

PJU dan perwira Polresta Kupang Kota yang ikut dalam patroli pengecekan, diantaranya Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Kompol Oktovianus Wadu Ere, S.H, Kabag Sumber Daya Manusia Kompol Herman Bessie, Kabag Perencanaan Akp Marthin Ardjon, S.H, Kepala Satuan Samapta Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M, Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (KA SPKT) Iptu Agustinus Nguru, Kepala Pembinaan Operasional Satuan Samapta Iptu Stanislaus Sangaria dan Kepala Seksi Humas Ipda Florensi Ibrahim Lapuisaly, 

 

Pada kesempatan itu, Kabagops mengingatkan kepada personel pos pam, pos yan dan posko terpadu untuk peka terhadap lingkungan sekitar pos dan aktif dalam memberikan bantuan serta pelayanan kepada masyarakat. 

 

"Perhatikan kebersihan dan parkiran di sekitar pos, agar tidak ditata yang baik sehingga memudahkan dalam pengawasan. Dan sikap tampang personel juga harus diperhatikan," ungkap Kabagops. 

Dikatakan lagi mantan Wakapolres Belu itu, tugas di pos pam, pos yan dengan melayani dan membantu masyarakat, dan tidak hanya berdiam diri di dalam pos. 

 

"Peka terhadap lingkungan, apabila ada kepadatan arus lalu lintas, lakukan pengaturan untuk mengurai kemacetan," pesan Kompol Okto. 

 

Selain itu, layani dan bantu masyarakat tanpa harus diminta, cepat dan tanggap dengan situasi disekelilingnya, tambahnya. 

 

"Personel pos pam dan pos yan, agar stand by menjelang malam takbiran, karena Kapolda NTT bersama Penjabat Gubernur NTT dan Komandan Korem 161 Wira Sakti Kupang serta Forkopimda tingkat Provinsi NTT akan melakukan patroli pengecekan kesiapan personel pengamanan, baik di penggal-penggal rute pawai takbiran dan pos-pos pengamanan, guna memastikan kesiapsiagaan personel di lapangan, dalam menjamin kamtibmas pada malam takbiran hingga pelaksanaan sholat ied," kata Kabagops Polresta Kupang Kota. 

Khusus kepada piket posko terpadu, lanjut Kompol Okto, jalin kerjasama antar instansi untuk mengamankan arus mudik di pelabuhan dan berikan himbauan kepada para penumpang untuk tidak menggunakan jasa calo, serta segera melapor kepada petugas keamanan apabila adanya tindakan paksaan atau ketidaknyamanan yang dialami penumpang di pelabuhan. 

 

"Berikan pengamanan dan pelayanan saat aktifitas embarkasi dan debarkasi  serta terus himbau penumpang untuk tidak menggunakan jasa calo. Tingkatkan pengawasan karena kepadatan penumpang yang mudik mulai terjadi di pelabuhan tenau," tandas dia. 

Terpantau tribratanewskupangkota.com saat mendampingi PJU Polresta melakukan patroli, pada Pos Pam Kuanino dan Air Mata, Pos Yan Flobamora Mall dan Lippo Plaza, selain personel Polresta Kupang Kota, juga terdapat personel BKO Polda NTT, Babinsa Kodim 1604 Kupang dan POM TNI AD yang melaksanakan piket selama sehari penuh (1x24 jam). 

 

Sedangkan pada Posko Terpadu Angkutan Lebaran Pelabuhan Tenau, personel yang berjaga pada posko terpad tersebut, terdiri dari personel Polsubsektor Pelabuhan Tenau, Polairud Polda NTT, TNI AD dan TNI AL, PT. Pelindo, KSOP, Dishub, Basarnas dan instansi terkait lainnya. (AN)