Polresta Kupang Kota Terus "Genjot" Vaksinasi Covid-19 Di Kota Kupang.

Polresta Kupang Kota Terus

Tribratanewskupangkota.com - Vaksinasi Covid-19 oleh Polresta Kupang Kota dengan mendatangi pusat keramaian di Kota Kupang. Pelayanan vaksinasi dilaksanakan di Taman Lahi Lai Bissi Kopan (LLBK) Kecamatan Kota Lama Kota Kupang, Selasa 22 November 2022.

Klinik Polresta Kupang Kota ikut terus berpartisipasi dengan pemerintah untuk menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 demi mengurangi risiko kesakitan dan kematian akibat Covid-19, yakni penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia.

Salah satu warga bernama Robertus Taek asal Kabupaten Malaka yang ditemui setelah pelaksanaan vaksinasi, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolresta Kupang Kota, dimana pelayanan vaksinasi yang dihadirkan lebih dekat dan bisa diikuti di saat waktu istirahat kerja. "Saya kebetulan sedang mencari vaksin Covid-19 beberapa waktu lalu, namun di Puskesmas dan Rumah Sakit yang saya datangi mengatakan kehabisan stok dan melihat adanya pelayanan vaksinasi sehingga saya langsung ikut, ucap Robertus yang berprofesi sebagai Fotografer di sekitar Taman LLBK Kota Kupang.

Masyarakat yang akan menerima vaksin Covid-19 dosis 1 diharapkan membawa fotocopy/asli KTP atau kartu keluarga (KK), sedangkan masyarakat yang menerima vaksin dosis 2 membawa fotocopy/asli KTP atau kartu vaksin/sertifikat vaksin pertama. Untuk yang akan menerima vaksin dosis booster harus sudah minimal 3 bulan setelah mendapatkan vaksin dosis lengkap (dosis 1 dan 2).

Adapun alur pelayanan vaksinasi yakni peserta terlebih dahulu mengisi form identitas diri, kemudian dilakukan pengukuran suhu tubuh dan pemeriksaan tekanan darah, lalu ke meja pendaftaran untuk di periksa identitas diri melalui Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga, dilakukan screening/pemeriksaan kesehatan singkat oleh dokter, setelah dinyatakan sehat dan layak untuk menerima vaksin kemudian peserta diberikan suntikan vaksinasi dan terakhir ke meja observasi untuk pemantauan KIPI (Kejadian ikutan pasca imunisasi) dengan waktu 15-30 menit. Setelah semua tahapan selesai dan tidak mengalami KIPI kemudian peserta di perbolehkan untuk pulang.

Pelayanan Vaksinasi Covid-19 oleh tim vaksinasi Polresta Kupang Kota yang terdiri dari tenaga kesehatan yakni Dokter, Perawat dan Bidan serta anggota Polri Polresta Kupang Kota dengan jumlah 13 (tiga belas) Orang, dan dipimpin oleh Kasidokkes Polresta Kupang Kota IPTU Daud Bessie, A.Md.Kep.