Polresta Kupang Kota Ikut Lomba “Tiga Pilar” Kamtibmas, Kapolresta Kombes Aldinan Manurung Minta Dukungan Warga Naikolan

Polresta Kupang Kota Ikut Lomba “Tiga Pilar” Kamtibmas, Kapolresta Kombes Aldinan Manurung Minta Dukungan Warga Naikolan

Tribratanewskupangkota.com – Polres Kota (Polresta) Kupang Kota melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas), mengikuti perlombaan “Tiga Pilar” Kamtibmas dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024.

 

Polresta Kupang Kota yang mewakili Satker Polda NTT, akan berlomba dengan Satker dari Polda di wilayah Indonesia Timur, yaitu Polda Maluku, Maluku Utara, Papua dan Polda Papua Barat.

Tiga pilar kamtibmas yang dimaksud ini, terdiri dari unsur Bhabinkamtibmas (Polri), Babinsa (TNI) dan Lurah (Pemerintah Daerah).

 

Perlombaan ini dengan menampilkan kinerja tiga pilar kamtibmas, meliputi pemeliharaan kamtibmas, melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat, serta melakukan problem solving, yang dinilai melalui tayangan video pendek yang telah dibuat, dan akan dilakukan penilaian secara langsung di lapangan.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang ditemui setelah mengikuti zoom meeting pelaksanaan penilaian bersama Korbinmas Baharkam Polri mengatakan, kegiatan melalui zoom meeting dengan melakukan penilaian tahap dua dalam rangka lomba tiga pilar, berlangsung di Posko Tiga Pilar, Alamat Jalan Sonbai, Kelurahan Naikolan, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Provinsi NTT.

 

Lomba tiga pilar kamtibmas merupakan perlombaan dalam menunjukkan sinergisitas dan kolaborasi yang telah dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah, dalam melayani masyarakat khususnya di Kelurahan Naikolan, dan dalam mensukseskan berbagai program pemerintah pusat dan daerah,” ungkap Kapolresta, Selasa (2/7/2024) siang.

 

Pada kesempatan itu, Kapolresta Aldinan Manurung memberikan himbauan kepada masyarakat yang hadir, untuk tetap berkoordinasi dengan tiga pilar, dalam menghadapi situasi yang memerlukan penanganan khusus, guna menciptakan pemeliharaan kamtibmas yang aman dan patuh terhadap hukum.

 

“Saya himbau kepada warga Naikolan melalui para Ketua RW/RT yang hadir, untuk segera berkoordinasi dengan unsur dari tiga pilar, dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi warga, agar tidak berkembang menjadi besar atau luas, untuk bersama dicarikan solusi penyelesaian,” harap Kapolresta.

 

Sambungnya, saya juga minta dukungan dan kerjasama seluruh pihak, agar perlombaan ini bisa menampilkan kinerja tiga pilar yang paling baik dan mendapatkan penilaian yang terbaik pula dari para juri.

 

“Perlombaan ini menunjukkan kepada publik akan tugas yang telah dilakukan oleh tiga pilar bagi warga Naikolan, yang mana tugas-tugas pelayanan itu harus ditunjukkan, karena merupakan bentuk pelayanan langsung kepada masyarakat yang sudah berhasil dijalankan dengan baik,” tandas mantan Wakil Direktur Narkoba Polda NTT ini.

 

Tampak hadir pada kegiatan itu, Kasat Binmas Polresta Kupang Kota Akp Verry Polin, S.H, Kapolsek Maulafa Akp Nuriyani Trisani Ballu, S.H., M.H, Lurah Naikolan Nur Melkisedek Tasrap, dan para Ketua RW/RT Kelurahan Naikolan. (AN)