Polresta Kupang Kota Akan Melaksanakan Operasi Patuh Turangga 2024, Satuan Lalulintas Siapkan Personil

Polresta Kupang Kota Akan Melaksanakan Operasi Patuh Turangga 2024, Satuan Lalulintas Siapkan Personil

Tribratanewskupangkota.com – Polresta Kupang Kota, Sabtu (13/7/2024) melaksanakan Latihan Pra Operasi (Latpraops) dalam rangka Operasi Patuh Turangga 2024 di aula bijaksana Polresta Kupang Kota.

 

Kegiatan Latihan Pra Operasi ini bertujuan untuk melihat kesiapan personil yang akan dilibatkan serta sarana yang akan dipakai pada saat operasi patuh yang akan dilaksanakan selama 14 hari.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H. Manurung S.H., S.I.K., M.Si saat membuka Latpraops mengatakan “Operasi Patuh ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia dari tingkat pusat sampai ke daerah dan kegiatan ini dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 15 Juli 2024 sampai dengan tanggal 28 Juli 2024”.

 

“Kegiatan kita dilaksanakan dengan cara Preemtif (Pencegahan) yakni dengan memberikan himbauan himbauan Lalulintas, Preventif yakni mencegah hal hal yang berpotensi menjadi gangguan nyata misalnya melakukan patroli lalulintas ditempat rawan macet, balapan liar, teguran dan Represif (Penegakan Hukum atau Gakkum) yaitu suatu keadaan jika seorang pengendara berpotensi menimbulkan gangguan dan ancaman yang dapat menimbulkan kerugian bagi orang lain, misalnya mengendarai sepeda motor lalu berboncengan lebih dari 1 orang, berkendara dalam kondisi mabuk, berkendara sambil main Hand Phone dan lain sebagainya yang dapat merugikan orang lain, semua ini dilakukan pada saat operasi ini guna terciptanya Keamanan dan ketertiban serta kelancaran (Kamtibcar) lantas yang aman dan nyaman menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang damai” lanjut Kapolresta.

Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Polresta Kupang Kota Kompol Oktovianus Wadu Ere S.H saat paparan didepan Kapolresta mengatakan “sasaran kita saat operasi ini ada 4 yakni orang, benda, tempat atau lokasi dan CB (cara bertindak) yakni melakukan deteksi dini, melakukan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat, serta penegakan hukum sebagai opsi terakhir”.

“Tujuan dari operasi patuh ini adalah mewujudkan situasi Lalulintas yang aman, tertib dan lancar, meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalulintas, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan Lalulintas, menjamin rasa aman masyarakat saat berkendara di jalan raya dan memberikan wawasan serta edukasi terkait pentinya berlalulintas” tambah Kabagops.

Kepala Satuan Lalulintas AKP Sudirman, ketika dimintai keterangan terkait dengan kegiatan Operasi Patuh ini mengatakan “kami (Satuan Lalulintas) telah siap baik personil, logistik, piranti lunak, kendaraan untuk mendukung operasi dan dalam operasi ini akan kami libatkan 85 personil yang akan dibagi dalam Satgas Preventif Dipimpin oleh Ipda Edi Halek, Satgas Represif (Gakkum) dikomandoi oleh Kanit Gakkum Iptu Ikun Sally S.H dan Satgas Preemtif (Dikyasa) dipimpin oleh Kanit Iptu Lutfy S.Tr.”.

“Setiap hari kami akan lakukan operasi penertiban di jalan, untuk itu kami himbau kepada warga Kota Kupang agar selalu memakai helm, membawa surat surat kendaraan, sim, tidak bonceng lebih dari satu orang, tidak kebut kebutan, tidak main HP sambil berkendaraan, tidak mabuk ketika mengendarai kendaraan, karena apabila didapati melanggar maka kepada pengendara tersebut akan kami tilang” imbau Kasat Lantas.

Sebagai penutup, Kapolresta Kupang Kota kembali mengingatkan kepada jajaran Lalulintas yang akan melaksanakan operasi patuh tutangga 2024, “saya meminta kepada anda (Satuan Lalulintas) semua, pada saat melaksanakan kegiatan dicek dengan baik kesiapan diri, jangan sampai anda yang menegakkan aturan tapi anda sendiri langgar aturan, saya minta laksanakan operasi ini dengan baik, dengan tidak merugikan diri sendiri dan institusi, laksanakan dengan humanis, jangan arogan, jika ada pelanggaran langsung ditilang dan jangan layani debat, sampaikan saja kesalahan pelanggar dengan baik”.