Perkuat Peran Bhabinkamtibmas di Kota Kupang, Kapolresta Beri Arahan Kepada Seluruh Polisi RW.

Perkuat Peran Bhabinkamtibmas di Kota Kupang, Kapolresta Beri Arahan Kepada Seluruh Polisi RW.

Tribratanewskupangkota.com - Suasana santai diciptakan oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, dalam memberikan arahan terkait pelaksanaan tugas personel Polresta Kupang Kota dan Polsek jajaran, Selasa (6/6/2023), yang ditunjuk sebagai Polisi RW di lingkungan tempat tinggalnya.

Beban tugas dari lima puluh satu Bhabinkamtibmas yang ada saat ini, di nilai cukup berat sehingga perlunya dukungan peran dari Polisi RW yang telah dibentuk.

"Satu orang Bhabinkamtibmas harus menangani sekitar tiga ribuan warganya, sehingga dirasakan akan sulit dan lambat dalam menanganinya, dimana dinamika kehidupan sosial masyarakat yang sudah berkembang saat ini dibutuhkan kecepatan dalam merespon setiap persoalan yang dilaporkan", jelas Kapolresta.

Polisi RW ini seperti konsep perpolisian masyarakat atau polmas, dimana polisi tersebut terus hadir di tengah masyarakat sebagai bagian dari pemecahan dan penyelesaian masalah yang terjadi.

"Yang ingin dibangun adalah bagaimana komunikasi itu dibangun antara Polisi RW dan Ketua RW. Cara sederhana, yakni dengan dibuat sebuah grup di media sosial, untuk mempermudah dan percepat komunikasi serta penyampaian suatu persoalan di dalam masyarakat", tambahnya.

Terkait pola kerja, Kapolresta Krisna menerangkan, personel piket pada Polsek dan Pos Polisi yang saat bertugas, apabila mendapat laporan dari masyarakat, maka bisa juga menghubungi Polisi RW tersebut untuk ditindaklanjuti. "Polisi RW segera tindaklanjuti laporan masyarakat, baik yang disampaikan secara langsung atau melalui Pos Polisi yang ada. Apabila Polisi RW tidak bisa diselesaikan, segera dilaporkan ke Polsek atau Polresta untuk ditindaklanjuti bersama sehingga kamtibmas yang kondusif dapat terwujud", kata Kombes Krisna.

"Harapannya, ke depan akan dibangun sistem keamanan bersama masyarakat atau siskamling. Sistem ini perlu dibangun kembali agar masyarakat juga aktif dalam menjaga kamtibmas di lingkungannya sendiri", pungkasnya.

Selain itu, sebagai cara untuk memantau dan memberikan motivasi kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif mendukung terciptanya kamtibmas.