Pengukuhan PKS MAN dan MTs Negeri Kota Kupang, Kapolresta Doakan ke Depan Ada Siswa Yang Bisa Menjadi Kapolres.

Pengukuhan PKS MAN dan MTs Negeri Kota Kupang, Kapolresta Doakan ke Depan Ada Siswa Yang Bisa Menjadi Kapolres.

Tribratanewskupangkota.com - Salah satu upaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas di lingkungan sekolah, Kapolresta Kupang Kota pimpin upacara pengukuhan anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kupang, Alamat Jalan Lapangan Tembak Kelurahan Nunbaun Sabu Kecamatan Alak. 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, hadir langsung dan berikan pengukuhan kepada pelajar anggota PKS, yang ditandai dengan pemasangan manset dan topi kepada 6 orang pelajar perwakilan anggota PKS dari MAN dan MTs Negeri Kota Kupang, Senin (15/5/2023) pagi tadi.

Seluruh anggota PKS lalu mengucap janji siswa sebagai anggota PKS yang dipimpin oleh Kapolresta, bahwa anggota PKS akan menjunjung tinggi dan setia pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, menjaga harkat dan martabat anggota PKS, dengan rasa sukarela berbakti kepada pelajar dan masyarakat, dan terakhir sebagai anggota PKS akan bekerja dengan penuh kedisiplinan serta tekun, sehingga keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas akan benar-benar terwujud. 

Dalam amanatnya, Kombes Krisna mengatakan kegiatan pengukuhan hari ini merupakan momentum untuk mendekatkan Polri dengan siswa pelajar dan sebagai sosok humanis yang bisa memberikan pelayanan terbaik. Selanjutnya, kami ingin menunjukkan bahwa MAN dan MTs bisa menjadi salah satu contoh teladan, terutama dalam keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah, serta diharapkan PKS ini bisa menjadi salah satu pelajaran ekstra kurikuler. "Dengan adanya kegiatan ekstra kurikuler PKS ini, untuk kemudian para pelajar sekalian bisa berani dalam menyampaikan hal-hal terkait keamanan, bukan hanya di lingkungan sekolah namun juga di lingkungan tempat tinggal", ujarnya. 

 

Sambungnya, membangun karakter pelajar terutama menyangkut keamanan dan disiplin lalu lintas, disitu ada tanggung jawab, rasa kepedulian dan rasa peka akan lingkungan sekitar. "Anggota PKS akan diajarkan juga bagaimana teknis pengaturan lalu lintas di jalan, seperti mengurai kemacetan, memberhentikan, mempercepat dan memperlambat kendaraan, serta Tindakan Pertama pada Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) kecelakaan lalu lintas. Dengan mengetahui cara penanganan TPTKP, maka anggota PKS ikut menjaga status quo atau kondisi suatu tempat yang tidak berubah, sehingga saat polisi tiba bisa mengolah TKP dan mengetahui penyebab dari kecelakaan yang terjadi", pesan Kapolresta. 

 

"Kegiatan PKS akan kita akan kemas dengan jambore dan cerdas cermat yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh pelajar untuk berlomba-lomba dalam mempelajari dan memahami akan aturan dan tata tertib dalam berlalu lintas", pungkasnya. 

Bahwa anggota PKS yang dikukuhkan, yakni siswa/i pelajar dari sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kupang dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Kupang. 

Dalam upacara pengukuhan diatas, bertindak selaku komandan upacara, yakni Iptu Angelina Ikun Sally, S.H, yang juga selaku Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polresta Kupang Kota.