Binrohtal Personel Polresta Kupang Kota, Tingkatkan Iman dan Ketaqwaan, Serta Saling Mendukung Dalam Menjalankan Tugas

Binrohtal Personel Polresta Kupang Kota, Tingkatkan Iman dan Ketaqwaan, Serta Saling Mendukung Dalam Menjalankan Tugas

Tribratanewskupangkota.com – Polres Kota (Polresta) Kupang Kota menyelenggarakan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) kepada seluruh personel, baik yang beragama Kristen, Katolik, Islam maupun Hindu, di tempat ibadah masing-masing, yang terletak di dalam Mako Polresta Kupang Kota, Kamis (27/7/2023) pagi.

Dalam pembinaan rohani oleh pemuka agama, diberikan pengetahuan tentang ajaran agama yang dianut, agar sebagai manusia ciptaan Tuhan yang maha esa, sebagai anggota Polri dalam tugasnya melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat, senantiasa berpegang teguh terhadap iman dan ketaqwaan kepada Allah yang maha kuasa.

Binrohtal Oekumene yang dipimpin oleh RD. Geovani Aditya Lewa, dalam khotbahnya berdasarkan injil Matius 10:10-17, Yesus menceritakan perumpamaan tentang seorang penabur, dimana karunia berupa talenta yang diberikan dapat digunakan dengan baik. Khusus sebagai anggota Polri, diminta untuk menggunakan talenta tersebut sebagai karunia Tuhan dalam memberikan pelayan yang terbaik bagi masyarakat. “Setiap manusia diberikan talenta yang merupakan sebuah tanggung jawab yang diemban, diharapkan bisa dijalani dengan tulus dan ikhlas. Tugas polisi sangat mulia dan mempunyai tantangannya sendiri”, pesannya.

Personel umat Islam mengikuti Binrohtal melalui Zoom Meeting dari Aula Bijaksana, yang dilaksanakan oleh Bagbinreligi Rowatpers SSDM Polri. Dimulai dengan pembacaan Surat Yasin secara berjama’ah dan Tausiah Agama Islam oleh penceramah Penata Muhammad Ichwan, S.Pd., M. Pd, Paur Subbagbinpsis Bagbinsis dari Pusdikmin Lemdiklat Polri, dengan tema “llmu sebagai penguat iman dan amal”. Selanjutnya personel umat Islam melakukan doa bersama untuk memohon keberkahan, kekuatan dan petunjuk dari Allah SWT.

Pembekalan pengetahuan umat Hindu di Ruang Suci Polresta Kupang Kota oleh AIPTU I Nyoman Pasek Martika, dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan umat Hindu, tentang pelaksanaan tugas selalu berdasarkan Dharma (kebaikan dan kebenaran) yang merupakan dasar dari pelaksanaan tugas dan kewajiban sebagai anggota Polri yang mengayomi dan melayani masyarakat, sehingga tercipta kedamaian dan kebahagiaan, baik buat diri sendiri maupun orang lain.

Selain itu, dia mengajak agar umat Hindu dapat hadir dan menjalani persembahyangan, baik di Ruang Suci Polresta Kupang Kota maupun Pura. Persembahyangan yang diawali dengan Puja Trisandya, serta dilanjutkan dengan Panca Sembah, serta Dharma Wacana yang disampaikan oleh AIPTU I Nyoman Pasek Martika.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, melalui Kabag SDM Kompol Herman Bessie mengatakan, binrohtal yang dilaksanakan untuk juga dapat terus mempererat tali silahturahmi dan persaudaraan, saling mendukung dan memberikan dukungan moral antar personel dalam menjalankan tugas yang mulia. “Menjalani tugas polisi yang mulia ini, semoga selalu diberikan semangat dan berkah, serta menjadi teladan yang baik bagi masyarakat yang dilayani”, ucap mantan Wakapolres Ngada tersebut. (AN)