Pengukuhan Anggota Patroli Keamanan Sekolah Oleh Kapolresta Kupang Kota.

Pengukuhan Anggota Patroli Keamanan Sekolah Oleh Kapolresta Kupang Kota.

Tribratanewskupangkota.com - Untuk menjaga lingkungan sekolah dan sekitarnya di Kota Kupang tetap aman dan tertib, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, membuat sebuah program kerjasama antara Polresta Kupang Kota melalui Satuan Lalu Lintas dan pihak sekolah, dengan membentuk anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Pembentukan PKS untuk membantu pihak kepolisian dalam menjaga keamanan khususnya di lingkungan sekolah dan melakukan pengaturan lalu lintas di sekolah.

Kapolresta Kupang Kota diketahui kembali mengukuhkan 10 orang siswa/i SMA Negeri 3 Kota Kupang untuk menjadi anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS), setelah sebelumnya melakukan pengukuhan terhadap siswa/i di SMA Negeri 8 dan SMA Negeri 1 Kota Kupang.

Acara pengukuhan anggota PKS oleh Kapolresta Kupang Kota, didampingi Kasat Lantas Kompol Imanuel Zacharias dan Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kota Kupang Ishak D.E Balbesi, S.Pd serta para guru.

Dalam amanatnya, orang nomor satu di Polresta Kupang Kota mengatakan bahwa pembentukan PKS juga sebagai media kepada adik-adik siswa/i untuk mengekspresikan dan menggali potensi yang ada dalam diri. Setelah dikukuhkan, anggota PKS akan dilatihkan bagaimana cara mengatur lalu lintas khususnya di depan sekolah dan bagaimana tindakan pertama dalam menghadapi kecelakaan lalu lintas.

"Dengan menjadi anggota PKS, adik-adik akan menjadi lebih bertanggung jawab dan disiplin dalam berlalu lintas sehingga karakter terus di bangun menjadi lebih baik", ujar Kombes Krisna.

Selain itu, Kapolresta menambahkan kegiatan PKS akan semakin menggelorakan semangat adik-adik siswa/i, khususnya yang ingin menjadi anggota Polri. Saya harap adik-adik tidak malas untuk menggali potensi yang dimiliki. Ke depan kita tidak hanya pintar dalam pengetahuan, namun harus mempunyai Psikomotorik.

Oktafia Kapitan yang diwawancarai tribratanewskupangkota.com mengucapkan terima kasih karena program PKS oleh Kapolresta Kupang Kota sangat bagus. "Menurut saya program ini (PKS) sangat bagus sekali, karena kami sejak masih di bangku SMA sudah diajarkan teknik dalam mengatur lalu lintas. Saat hendak masuk atau pulang sekolah siswa sangat tidak tertib dan ingin menang sendiri atau tidak ada yang mau mengalah, sehingga beberapa kali menyebabkan kecelakaan. Dengan adanya PKS semoga kami bisa membantu teman-teman siswa sehingga arus lalu lintas khususnya yang hendak masuk atau keluar sekolah lebih tertib", kata salah satu siswi anggota PKS tersebut.