Pengamanan Keberangkatan Kapal Dharma Kartika V, Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan Tenau

Pengamanan Keberangkatan Kapal Dharma Kartika V, Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan Tenau

Tribratanewskupangkota.com – Ribuan penumpang Kapal Dharma Kartika V yang hendak berangkat dengan tujuan pelabuhan di Waingapu Kabupaten Sumba Timur, Lembar di Kabupaten Lombok Barat dan pelabuhan Tanjung Perak di Kota Surabaya Jawa Timur, memadati Pelabuhan Tenau Kupang, Sabtu (29/6/2024) dini hari.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang dihubungi melalui Kepala Polsubsektor Pelabuhan Tenau Kupang Ipda Teguh Imam Santoso mengatakan, pengamanan telah dilakukan sejak sore hari oleh 10 personel piket dan dibantu personel cadangan Polsubsektor.

 

“Sejak pukul 18.00 WITA, personel piket dibantu dengan yang cadangan melakukan pengamanan di dermaga helong dan dermaga lokal pelabuhan tenau, guna menjaga situasi kamtibmas yang kondusif,” ucap Kapolsubsektor yang memimpin langsung pengamanan.

 

Selain itu, juga membantu masyarakat sebagai penumpang yang hendak naik ke atas kapal, agar proses embarkasi berjalan lancar dan keberangkatan kapal sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Pada pukul 20.00 WITA, para penumpang yang telah Check In tiket, dipersilahkan menuju dermaga lokal dan naik ke atas kapal dengan pengamanan dari personel guna kelanvaran proses embarkasi penumpang dan kendaraan bermotor,” terang Ipda Teguh.

 

Tambah dia, pukul 01.40 WITA, giat embarkasi telah selesai dalam keadaan aman, dengan jumlah penumpang naik sebanyak 2.431 orang.

 

“Setelah proses embarkasi selesai, personel melaksanakan patroli di seputaran area parkir hingga ke dalam dermaga peti kemas, namun tidak adanya proses bongkar muat. Terpantau adanya beberapa kapal yang sedang sandar di dermaga, yakni Kapal Motor (KM) Cemara Nusantara, KM Kencana, KM Sabuk Nusantara 55, KM Express Bahari 8E dan KM Express Bahari 7F,” tandas Kapolsubsektor Ipda Teguh. (AN)