Pembinaan Rohani dan Mental Personel Guna Tingkatkan Iman dan Karakter Humanis

Pembinaan Rohani dan Mental Personel Guna Tingkatkan Iman dan Karakter Humanis

Tribratanewskupangkota.com – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kupang Kota melaksanakan kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) bagi seluruh personel, di masing-masing tempat ibadah di dalam lingkungan kantor Polresta Kupang Kota, Kamis (30/11) pagi.

Binrohtal merupakan kegiatan untuk membina keimanan dan ketaqwaan personel kepada Tuhan yang maha kuasa, dan dilakukan setiap hari kamis.

Terpantau media ini, Binrohtal personel umat Kristen dan Katolik yang berlangsung di Gereja Oikumene, dipimpin oleh pemuka agama Kristen Pendeta Monalisa Fanggidae-Dethan, S. Th.

 

Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si bersama beberapa pejabat utama, perwira dan bintara, serta calon siswa pendidikan pembentukan bintara dan tamtama Polri mengikutinya dengan penuh khidmat.

Pendeta Monalisa dalam bacaan injil yang diambil dari Kitab Lukas 19:1-10, yang mengisahkan tentang Zakheus, dimana dia ingin melihat Yesus yang saat itu akan lewat menuju ke kota. Karena badannya yang pendek, sehingga Zakheus harus memanjat pohon ara. Yesus yang melihat Zakheus di atas pohon itu, meminta untuk turun, karena Yesus ingin menumpang dan makan di rumah Zakheus.

 

Zakheus yang seorang pemungut cukai menjadi terharu dan menyampaikan, setengah dari harta miliknya akan diberikan kepada orang miskin, dan kepada warga yang pernah dilakukan pungutan tidak adil, akan digantinya sebanyak 4 kali lipat. Yesus mengatakan keselamatan telah terjadi di dalam rumah Zakheus dan pada diri Zakheus.

 

Dalam khotbahnya, ibu Pendeta mengatakan, sebagai anggota Polri, pekerjaan dilakukan dengan mengabdikan diri kepada masyarakat, namun harus juga tidak lupa untuk berdoa dan membaca firman Tuhan. Karena dengan berdoa kita berkomunikasi secara intens dengan Tuhan.

 

“Dalam pelayanan kepada masyarakat, hendaknya dilakukan dengan adil bagi semua orang, tanpa memandang status sosial dan lain sebagainya,” ujarnya mengakhiri khotbah.

Wakapolresta Kupang Kota dalam pesannya setelah mengikuti ibadah Oikumene, mengingatkan kepada personel untuk melaksanakan tugas dengan tanggung jawab, karena bertugas juga merupakan ibadah.

“Saya minta untuk Binrohtal dilakukan setiap minggu, karena berdoa atau berkomunikasi dengan Tuhan dilakukan setiap saat. Kerjakan apa yang menjadi tugasnya, dengan penuh rasa tanggung jawab karena akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan yang maha kuasa nantinya,” pesan AKBP Aldinan.

Pada tempat terpisah, Binrohtal juga dilakukan oleh personel umat Hindu di rumah suci, dan umat Islam mengikutinya di Mushola Polresta Kupang Kota.

 

Kasihumas Polresta Kupang Kota yang ditemui setelah ibadah mengatakan, Binrohtal merupakan kewajiban setiap personel untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan yang maha kuasa.

 

“Setiap personel Polri wajib mengikuti Binrohtal setiap minggunya, dimana untuk tingkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan sang pencipta,” ujarnya.

Selain itu, dengan berdoa diharapkan semakin mendekatkan setiap personel dengan Tuhan, dimana dalam bertugas nantinya dapat dikerjakan dengan tanggung jawab dan adil bagi sesama yang dilayaninya, serta membentuk karakter anggota Polri yang lebih humanis, tutupnya. (AN)