Patroli Malam Hari, Personel Polresta Berikan Himbauan Keselamatan dan Respon Cepat Bantu Korban Kecelakaan

Patroli Malam Hari, Personel Polresta Berikan Himbauan Keselamatan dan Respon Cepat Bantu Korban Kecelakaan

Tribratanewskupangkota.com –  Personel Satuan Samapta dan Lalu Lintas Polresta Kupang Kota, terus melaksanakan patroli rutin pada malam hari. Patroli ini dilakukan untuk menciptakan keamanan yang kondusif, serta mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan saat berkendara di jalan.

 

Dalam patroli tersebut, personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) memberikan himbauan kepada sekelompok pemuda yang sedang nongkrong di pinggir Jalan El Tari. Himbauan yang disampaikan, tentang pentingnya tertib berlalu lintas, terutama penggunaan helm SNI saat berkendara dan tidak berkendara secara ugal-ugalan, tidak duduk atau berkumpul di badan jalan, memarkirkan kendaraan dengan rapi dan tertib demi keselamatan diri dan juga pengguna jalan lainnya.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan, tindakan tersebut merupakan upaya preventif Polri untuk menjaga keselamatan masyarakat, khususnya generasi muda para penerus bangsa.

“Kami selalu berupaya mengingatkan masyarakat, khususnya anak muda untuk lebih memperhatikan keselamatan saat berkendara. Helm bukan hanya kewajiban, tetapi sebagai pelindung utama apabila terjadi kecelakaan di jalan, dan dapat mengurangai fatalitas saat terjadinya benturan,” ujar Kapolresta, Jumat (11/10/2024).

 

Tambah dia, harapannya para pemuda juga dapat mematuhi segala peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama, dan menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas bagi generasi muda lainnya.

 

Dikatakannya lagi, anggota Samapta yang sedang patroli mendapati adanya kecelakaan tunggal di Jalan Frans Seda depan Gedung Keuangan Negara. Dengan sigap, anggota langsung bergerak cepat untuk memberikan pertolongan kepada korban, dan membawanya ke rumah sakit terdekat.

 

Tidak hanya itu, anggota juga mengamankan sepeda motor miliknya, dan diantar langsung ke rumah korban.

 

“Tindakan cepat dan sigap anggota di lapangan merupakan bagian dari pelayanan kami kepada masyarakat, saat mengetahui adanya kecelakaan. Dan prioritas utama kami adalah memberikan pertolongan secepat mungkin, sehingga korban bisa juga cepat mendapat perawatan medis,” sebut Kombes  Aldinan.

Patroli terus dilakukan oleh personel Samapta dan Lalu Lintas serta Polsek jajaran, dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah hukum Polresta Kupang Kota, terutama pada malam hari. Patroli ini juga bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta tindakan kriminal. (LLLC)