Kolaborasi, Cegah Stunting Polsek Alak Dan Perangkat Kelurahan Adakan Lomba Memasak Makanan Bergizi

Kolaborasi, Cegah Stunting Polsek Alak Dan Perangkat Kelurahan Adakan Lomba Memasak Makanan Bergizi

Tribratanewskupangkota.com- Cegah Stunting Polsek Alak dan perangkat Kelurahan Laksanakan Lomba Memasak dan memberikan makanan tambahan untuk anak penderita stunting bertempat diRT 19 RW 10 Kelurahan Nun Baun Delha Kecamatan Alak Kota Kupang.

Kegiatan ini dihadiri Kapolsek Alak Kompol Edy didampingi Ketua Bhayangkari Ranting Alak, bhabinkamtibmas kelurahan NBD, Personel Polsek Alak, Camat Alak, Lurah Nun Baun Delha dan perangkat Kelurahan Nunbaun Delha.

Lomba memasak diikut ibu-ibu Kelurahan Nun  Baun Delha berjumlah 5 kelompok yang tiap kelompok terdiri dari 5 orang, Hasil masakan bergizi untuk anak stunting ini dinilai oleh Ketua Bhayangkari Ranting Alak. Adapun kriteria masakan yang dinilai antara lain nilai gizi atau komposisi, cita rasa atau tekstur, kreativitas penyajian, penampilan, kebersihan dan lain-lain.

Kepala Puskesmas di wakili Ahli gizi Puskesmas Alak Ibu Selfi ratu Ludji menyampaikan  Stunting memang identik dengan pertumbuhan tubuh yang pendek dan kecil, namun selain berpengaruh dengan kondisi fisik anak juga sangan berpengaruh dengan tingkat kecerdasan, “Tuturnya”.

Lomba memasak ini intinya memasak makanan tambahan untuk balita yang menderita stunting, prinsip utamanya untuk memberikan makanan tambahan protein pada masakan, seperti telur dan tambahan lemak.

Kesadaran akan pentingnya gizi seimbang untuk kehidupan yang lebih baik perlu dilakukan, salah satunya adalah melalui makanan sehat dan bergizi untuk mewujudkan serta meningkatkan kualitas taraf kehidupan ke arah yang lebih baik.

Kapolsek Alak mengatakan "Hari ini kita melaksanakan lomba memasak masakan balita dengan tujuan membantu mencegah meningkatnya anak penderita stunting. Kita ketahui bahwa di wilayah Kota Kupang ini masih banyak anak balita yang menderita stunting, di ketahui sebelumnya Kapolresta Kupang Kota Kombespol Rishian Krisna Budhiaswanto S.H.,S.I.K.,M.H melalui Seluruh personel Bhabinkamtibmas melaksanakan program pembagian bibit lele pada masyarakat hasil dari budidaya lele tersebut kami gunakan untuk memberikan kepada keluarga yang mempunyai balita Stunting.

"Saya berharap dengan adanya lomba memasak ini, kreativitas ibu-ibu di kecamatan Alak dalam memasak menjadi aspirasi warga dalam menciptakan beraneka ragam masakan balita yang sehat, enak dan murah meriah. Sehingga begitu anak – anak melihat masakan itu mereka bersemangat untuk memakannya dan semoga dapat menurunkan Stunting di kota kupang “Tutur Kapolsek.