Klinik Polresta Kupang Kota laksanakan Vaksinasi di Gereja GMIT Pohonitas.

Klinik Polresta Kupang Kota laksanakan Vaksinasi di Gereja GMIT Pohonitas.

Tribratanewskupangkota.com - Klinik Kepolisian Resor Kota Kupang Kota (Polresta Kupang Kota) pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 mulai pukul 09.00 Wita, membuka pelayanan Vaksinasi Covid-19 bertempat di Gereja GMIT Pohonitas, Alamat Jalan Alfons Nisnoni, Kelurahan Manulai Dua, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Pelayanan Vaksinasi Covid-19 diberikan untuk Dosis 1, 2 dan 3 (Booster) dengan jenis vaksin yang disediakan Sinovac, Covovax dan Moderna. 

Ibu Wakil Ketua Majelis Jemaat GMIT Pohonitas Manulai Dua Pendeta Inggrid Lina Kakiay-Them, S.Si Teol, saat di wawancarai tribrata news kupang kota menyampaikan bahwa berdasarkan informasi dari jemaat yang sudah vaksin lengkap (Dosis 1 dan 2), mereka meminta untuk pihak gereja mau memfasilitasi dengan fasililitas kesehatan di Kota Kupang untuk membuka pelayanan vaksinasi dosis ketiga/lanjutan (Booster) sehingga pihak gereja membuat program vaksinasi booster pada tahun 2022 ini. 

Kami merasa bersyukur karena setelah membuat program tersebut, kami di hubungi oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Manulai Dua AIPDA Boneventura Luma bahwa pihak kepolisian (Polresta Kupang Kota) akan membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi jemaat Gereja Pohonitas Manulai Dua. Menurut ibu Pendeta Inggrid, selain untuk kesehatan jemaat itu sendiri, vaksinasi booster juga saat ini penting sebagai salah satu persyaratan perjalanan baik darat, laut dan udara serta syarat untuk memasuki tempat pelayanan publik maupun fasilitas publik lainnya. 

Adapun alur pelayanan vaksinasi yakni masyarakat/peserta yang datang terlebih dahulu mengisi form identitas diri, kemudian dilakukan pengukuran suhu tubuh dan pemeriksaan tekanan darah, lalu ke meja pendaftaran untuk di periksa identitas melalui Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga, dilakukan screening/pemeriksaan kesehatan singkat oleh dokter, setelah dinyatakan sehat dan layak kemudian peserta diberikan suntikan vaksinasi Covid-19 dan terakhir peserta ke meja observasi untuk pemantauan KIPI (Kejadian ikutan pasca imunisasi) dengan waktu 15-30 menit. 

Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Gereja GMIT Pohonitas Manulai Dua oleh tim vaksinasi yang terdiri dari tenaga kesehatan (Dokter, Perawat dan Bidan) serta anggota Polri Polresta Kupang Kota dengan jumlah 14 (empat belas) Orang, dan yang dipimpin oleh Kasidokkes Polresta Kupang Kota IPTU Daud Bessie, A.md.Kep.